Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bonus Demografi Belum Mampu Dorong Akselerasi Ekonomi RI, Mengapa?

Sebagaimana diketahui, Jepang pada era 70an mendapatkan bonus demografi. Saat itu perekonomian negara tersebut melaju kencang karena ditopang oleh banyaknya tenaga kerja produktif serta industrialisasi.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan ada banyak hal yang membuat bonus demografi di Indonesia belum terlihat signifikan dalam mendorong akselerasi perekonomian. Salah satunya adalah kualitas SDM.

“Kualitas SDM menjadi salah satu penyebab mengapa bonus demografi tidak terlalu berpengaruh terhadap perekonomian. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Tak hanya faktor biologis, namun psikologis,” kata Hasto saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (3/2/2020).

Dalam hubungannya dengan psikologis, Hasto mengatakan saat ini banyak remaja yang mengalami gangguan emosional. Pada 2013, rasio Mental Emotional Disorder berada di level 6,1, sedangkan saat ini mengalami kenaikan di level 7,5.

“Padahal, masa remaja ini adalah waktu yang menentukan seseorang menghadapi masa depan,” lanjut Hasto.

Terkait dengan hal ini, BKKBN akan memberikan perhatian kepada remaja dan milenial agar kelompok usia tersebut lebih produktif.

Salah satu yang akan dikuatkan adalah melakukan sosialisasi mengenai perencanaan masa depan. Dalam hal ini, BKKBN akan mengintensifkan kampanye agar remaja fokus pada pengembangan diri.

“Seperti tidak menikah dini dan hal-hal lain yang relevan dengan isu-isu terkait kehidupan remaja dan milenial,” kata Hasto.

https://money.kompas.com/read/2020/02/05/100512426/bonus-demografi-belum-mampu-dorong-akselerasi-ekonomi-ri-mengapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke