Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Pariwisata RI Berpotensi Rugi Rp 56 Triliun Akibat Corona

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, China memiliki sumbangsih yang cukup besar terhadap sektor pariwisata global, tidak terkecuali Indonesia.

Berdasarkan perhitungannya, Indonesia berpotensi rugi hingga 4 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 56 trilun (asumsi kurs Rp 14.000 per dollar AS).

"Jadi dampaknya itu pada perekonomian global bukan hanya Indonesia, itu besar sekali. Turis menurun, kita mungkin bisa kehilangan 4 miliar dollar AS kalau terus begini," ujarnya di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Apabila hal ini berlangsung cukup lama, Luhut meyakini bahwa dampaknya akan terasa terhadap pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini.

Pasalnya, China masih menjadi negara utama mitra dagang dan juga salah satu penyumbang kunjungan wisatawan mancanegara terbesar RI.

"Sekarang kontribusi China terhadap PDB (produk domestik bruto) dunia sebesar 17 persen," katanya.

Oleh karenanya, Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu menegaskan pemerintah akan melakukan langkah-langkah pencegahan terjadinya kerugian ekonomi nasional yang lebih dalam.

Salah satu langkah yang diambil pemerintah adalah dengan melakukan tinjauan secara berkala terkait kondisi penyebaran virus corona.

"Kalau trennya menurun kami akan mulai melonggarkan. Karena bagaimana pun dampaknya terhadap perekonomian kita luar biasa. Jadi tidak bisa terus begini, ya memang ada risiko tapi kita ambil yang paling minim sekali," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/02/06/051945926/luhut-pariwisata-ri-berpotensi-rugi-rp-56-triliun-akibat-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke