Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penerbangan Dipangkas, Cathay Pacific Minta Pegawainya Libur 3 Minggu Tanpa Dibayar

Dikutip dari CNN, Kamis (6/2/2020), perusahaan dalam keterangan tertulisnya mengatakan telah mengimbau semua pekerja untuk mengambil cuti selama tiga minggu antara 1 Maret hingga akhir Juni akibat permintaan terbang yang merosot setelah wabah virus tersebut menyebar begitu cepat.

"Memelihara keuangan adalah kunci untuk melindungi bisnis kami," ujar maskapai tersebut. Sebelumnya, perusahaan juga mengambil tindakan serupa selama krisis keuangan global dan SARS di tahun 2003.

Cathay Pacific yang juga memiliki maskapai berbiaya hemat Cathay Dragon menjelaskan, pihaknya bakal memangkas jumlah penerbangan ke China daratan sebesar 90 persen dan melakukan pengurangan terbang secara signifikan ke beberapa tempat lain yang dalam jaringannya selama 2 bulan ke depan.

Jika digabungkan seluruhnya, jumlah penerbangan Cathay bakal berkurang hingga 30 persen.

Sebelumnya, Cathay juga tengah mengalami kesulitan keuangan lantaran aksi massa yang berlangsung selama berbulan-bulan di Hong Kong.

Demonstrasi di bandara tahun lalu memaksa Cathay Pacific untuk membatalkan ratusan penerbangan, dan CEO-nya mengundurkan diri setelah maskapai itu terjebak dalam badai politik atas partisipasi karyawan dalam gerakan pro-demokrasi.

Saham Cathay Pacific sempat menguat di hari Rabu, (5/2/2020) meski sepanjang 2020 nilai saham perusahaan tersebut telah merosot hingga 12 persen.

Nilai saham Cathay telah merosot lebih dari seperempatnya sejak mencapai titik tertinggi April 2019 lalu.

Banyak maskapai dunia yang terdampak wabah virus corona, dan lebih banyak lagi maskapai yang melakukan penundaan penerbangan ke China daratan.

British Airways, Air Asia, American Airlines, Air India, Lufthansa dan Finnair adalah beberapa maskapai yang memangkas jumlah penerbangan ke China atau berhenti terbang sepenuhnya ke negara Tirai Bambu tersebut.

https://money.kompas.com/read/2020/02/06/083200026/penerbangan-dipangkas-cathay-pacific-minta-pegawainya-libur-3-minggu-tanpa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke