Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penanganan Wabah Corona Dorong Rupiah Kembali Menguat

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Kamis (6/2/2020) mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.634 per dollar AS. Rupiah menguat 56 poin sebesar 0,41 persen dibanding penutupan Rabu Rp 13.690 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, optimisme penanganan wabah virus corona menjadi sentimen pendukung optimisme pasar sehingga berdampak positif pada pergerakan rupiah.

"Adanya optimisme (pasar), wabah virus corona dapat dikendalikan sehingga dampak ekonomi corona virus dapat dibatasi," kata Ibrahim.

Selain itu, pengembangan vaksin virus corona dan peningkatan mutu perawatan pasien virus corona semakin baik.

Walaupun WHO sempat mengatakan vaksin corona belum bisa dipastikan kapan selesai.

Di sisi lain, kabar lepasnya Presiden Donald Trump dari jeratan pemakzulan turut menjadi sentimen positif pasar, dimana ketidakpastian yang dihadapi oleh pelaku pasar saat ini menjadi berkurang.

"Ada harapan, kebijakan ekonomi yang sering dieksekusi oleh Trump akan terus bisa disalurkan, yang pada akhirnya akan menjaga laju perekonomian global di level yang relatif tinggi," ungkapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/02/06/180400026/penanganan-wabah-corona-dorong-rupiah-kembali-menguat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke