Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbas Virus Corona, Pengiriman Kargo dari China Anjlok

“Nah Februari (cargo dari China) langsung drop. Masih (drop) sampai sekarang,” ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Awal menambahkan, penurunan tersebut terjadi sekitar 36 persen. Sebelum ada isu corona, AP II melayani pengiriman kargo dari China sebesar 6.000 ton.

“Kalau (kargo) dari China per bulan sekitar 6.000-an ton. Waktu Januari sebelum ada isu corona, dibandingkan Januari 2019 total kargo AP II 37 persen dan khusus China tumbuh 18 persen, Februari jadi drop, drop mungkin 36 persen, turun sepertiga lebih,” kata Awal.

Kendati begitu, Awal memastikan kinerja keuangan perseroannya tak terganggu akibat adanya penurunan pengiriman kargo dari China.

“Kontribusi besar kami ke domestik. Jadi tidak terlalu (berpengaruh). Jadi kargo international, khususnya dari China itu belum terlalu besar, sehingga tidak menggagu kinerja revenue,” ucap dia.

Virus corona diketahui telah menyebar ke sejumlah negara. Negara-negara tersebut adalah Kanada, China, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Nepal, Perancis, dan Australia.

Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Gejala awalnya mirip seperti flu biasa yang diawali dengan demam, pusing, batuk, pilek, radang tenggorokan, dan badan lemas.

Namun, seiring berjalannya waktu, virus ini menyebabkan pneumonia ganas yang mematikan.

https://money.kompas.com/read/2020/02/07/165709226/imbas-virus-corona-pengiriman-kargo-dari-china-anjlok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke