Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Jonan Pamer Beli Esemka | Erick Thohir Ditelepon Bos Inter Milan soal Masker

Mantan Menteri ESDM, Ignasius Jonan, memamerkan kendaraan yang baru dibelinya. Dalam unggahannya di Instagram, dia memamerkan mobil anyar pabrikan Esemka.

Eks Dirut PT KAI ini menyebut, dengan membeli langsung mobil Esemka, dirinya ikut berkontribusi mendukung produk mobil nasional untuk kemajuan industri otomotif dalam negeri.

"Saya juga memiliki produk nasional mobil Esemka lho. Mendukung peningkatan nilai tambah di dalam negeri dan penciptaan lapangan kerja," tulis Jonan di akun Instagramnya, seperti dilihat pada Senin (10/2/2020).

Mobil yang dibeli Jonan merupakan jenis pick-up. Berkelir putih, mobil bak terbuka tersebut dipamerkan Jonan di garasi rumahnya, bersanding dengan mobil Mercedes hitam miliknya.

Simak selengkapnya di sini

2. Mulan Jameela Bersuara Soal Perpres Harga Gas, Dirut PGN Menjawab

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela, akhirnya memberikan pertanyaan kepada Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang berlangsung hingga kini.

Mulan yang dikenal sebagai artis serta penyanyi ini bertanya terkait Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

Dia menambahkan, pertanyaan dari sesama anggota Komisi VII mengenai PGN kerap menggunakan biaya pribadi perusahaan untuk menambal harga gas bumi bukan dari keuangan negara atau APBN.

"Saya setuju dengan pernyataan Bapak Falah, Bapak Mulyanto, ada Ibu Mercy (anggota Komisi VII DPR RI) juga sudah menyampaikan bahwa pemberian insentif ke tujuh sektor industri sesuai Perpres Nomor 40 Tahun 2016 ini, diperoleh dari pengurangan dari bagian negara, bukan dari kontribusi maupun pemotongan biaya pengelolaan infrastruktur PGN sebagai BUMN hilir gas bumi dan subholding gas," kata Mulan di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Bagaimana jawaban Dirut PGN? baca di sini

3. Survei: Erick Thohir Jadi Menteri yang Paling Disukai

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai publik layak menjadi tokoh teladan atau role model nasional. Hal itu berdasarkan hasil jajak pendapat yang dirilis lembaga riset Indonesia Political Opinion atau IPO.

"Menteri BUMN Erick Thohir menempati urutan pertama dengan 31,1 persen, kemudian diikuti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi 25 persen dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebesar 21,5 persen," tulis IPO dalam laporan bertajuk "Evaluasi dan Pengukuran Persepsi Publik atas Kinerja 100 Hari Kabinet Indonesia Maju" yang diterima di Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Dalam laporan tersebut, faktor-faktor yang mendorong para responden menjatuhkan pilihan kepada Erick Thohir sebagai tokoh teladan nasional, antara lain kesesuaian bidang, profesionalitas, dan hasil kerja.

Selain dinobatkan sebagai tokoh teladan nasional, Menteri BUMN Erick Thohir juga menjadi Menteri Kabinet Indonesia Maju yang disukai publik.

Selain Erick siapa lagi yang disukai publik? Simak di sini

4. ESDM: Cadangan di Tambang Terbuka Grasberg Sudah Habis...

PT Freeport Indonesia (PTFI) mulai tahun ini sudah menggantungkan produksi pada tambang bawah tanah (underground mine). PTFI tak lagi menambang di tambang terbuka (open pit) Grasberg lantaran cadangannya sudah habis pada tahun lalu.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono.

"Tahun lalu (produksi) ada tambahan dari Grasberg, dan sudah habis. Sekarang dari underground," katanya, saat ditemui di Kementerian ESDM, akhir pekan ini.

Sayangnya, Bambang tidak membeberkan detail rencana produksi PTFI yang sudah disetujui Kementerian ESDM dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) 2020. Hanya saja, Bambang mengungkapkan, produksi bijih maupun konsentrat tembaga PTFI pada tahun ini masih belum optimal.

Selengkapnya baca di sini

5. Bos Inter Milan Telepon Erick Thohir, Mau Beli 2 Juta Masker dari RI

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku dihubungi pemilik klub sepak bola Inter Milan yang juga pemilik perusahaan asal China Suning Group.

Erick Thohir mengaku ditanya terkait ketersediaan masker di Indonesia. Sebab, saat ini di China masker sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Hari ini saya ditelepon sama pemilik Suning, (dia) mau beli 2 juta masker (dari Indonesia),” ujar Erick di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Atas dasar itu, Erick meminta perusahaan-perusahaan BUMN melihat peluang bisnis tersebut. Dia ingin ada perusahaan BUMN yang mampu memproduksi masker.

Simak selengkapya di sini

https://money.kompas.com/read/2020/02/11/051000526/-populer-money-jonan-pamer-beli-esemka-erick-thohir-ditelepon-bos-inter-milan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke