Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bidik Dana Murah Rp 1,9 Triliun, BTN Hadirkan Tabungan Payroll

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melancarkan strategi guna mengumpulkan dana murah dan menekan biaya dana. Salah satunya dengan meluncurkan produk BTN Solusi.

BTN Solusi adalah program yang memberikan solusi bagi instansi atau lembaga untuk mengelola tabungan payroll/gaji dari karyawannya sekaligus memberikan beragam manfaat yang dapat mendukung kebutuhan finansial bagi instansi dan karyawan.

“Program BTN Solusi kami rilis dalam rangka mengakuisisi Current Account Saving Account (CASA) atau dana murah yang besar dan berkelanjutan karena nasabah yang disasar program ini adalah karyawan instansi atau perusahaan yang memiliki kualitas yang baik. BTN Solusi ini kami tawarkan lewat kerja sama payroll,” kata Direktur Utama BTN, Pahala N Mansury dalam keterangannya, Selasa (11/2/2020).

BTN menargetkan jumlah rekening sebanyak sebanyak 372.000 yang berasal dari tabungan payroll. Dengan perolehan rekening tersebut, Pahala berharap dapat mengakuisisi pundi-pundi CASA alias dana murah hingga Rp 1,9 triliun.

Adapun per Desember 2019, CASA BTN tercatat di atas Rp 97 triliun, Namun tahun ini, perseroan menargetkan CASA bisa menembus di atas Rp 116 triliun atau tumbuh di atas 19 persen.

Dengan demikian, porsi CASA terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) bisa mencapai lebih dari 45 persen.

CASA tersebut diperkuat untuk menunjang perolehan DPK perseroan yang tahun ini ditargetkan tumbuh antara 13-15persen.

Pahala menjelaskan, setidaknya ada empat segmen utama yang disasar BTN Solusi yaitu Kementerian, BUMN, Swasta dan Kawasan Industri.

Namun untuk tahap awal ini, diutamakan adalah segmen Kementerian/Aparatur Sipil Negara dan BUMN.

Pahala menambahkan, Program BTN Solusi akan menjadi andalan perseroan dalam meraih dana murah yang saat ini makin kompetitif diperebutkan perbankan.

BTN Solusi menurut Pahala, memberikan banyak kemudahan diantaranya kemudahan pembukaan rekening Tabungan Payroll dengan manfaat antara lain biaya administrasi ringan, mendapatkan fasilitas transaksi seperti kartu debit (Visa dan GPN), Mobile Banking dan lain sebagainya.

Selain itu, BTN Solusi juga menawarkan keringanan biaya-biaya tabungan payroll seperti untuk setoran awal, biaya administrasi yang terjangkau, saldo minimal yang bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan, biaya transaksi antar wilayah yang murah dan lain sebagainya.

Bagi perusahaan, nantinya juga akan mendapatkan benefit yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan usaha dan menciptakan nilai tambah baik bagi perusahaan antara lain melalui pengelolaan rekening giro dan Program Pengembangan Operasional (PPO).

Selanjutnya akan disiapkan pula produk untuk Kredit Korporasi yang menarik termasuk produk dan layanan Syariah nantinya.

https://money.kompas.com/read/2020/02/11/101148026/bidik-dana-murah-rp-19-triliun-btn-hadirkan-tabungan-payroll

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke