Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Laba Kantor Bank Mandiri Luar Negeri Capai Rp 1,3 Triliun Selama 2019

Laba ini bisa dicapai Bank Mandiri meski banyak negara menghadapi ketidakpastian global antara lain perang dagang AS-China dan fenomena keluarnya Inggris dari Uni Eropa (British Exit/Brexit).

Direktur Treasury, International Banking & Special Asset Management Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, perolehan tersebut merupakan kontribusi laba terbesar dalam 5 tahun terakhir dengan rerata pertumbuhan per tahun sebesar 25 persen.

Pendapatan jasa atau Fee Based Income pun naik menjadi 52,22 juta dollar AS atau sekitar Rp 731 miliar dari 11,67 juta dollar AS sejak 2015.

“Kinerja baik KLN Bank Mandiri dalam lima 5 tahun ini dicapai oleh berbagai unit kerja di kantor pusat maupun di antara KLN itu sendiri, tidak hanya melalui sinergi strategis dengan perusahaan anak," ujar Darmawan dalam siaran pers, Rabu (12/2/2020).

Adapun dalam mengeksekusi perluasan pasar, pihaknya mengklaim cukup percaya diri karena memiliki 2 perusahaan anak yang cukup kuat di pasar Singapura, yaitu Mandiri Securities Singapore dan Mandiri Investment Management Singapore.

Tak hanya itu, dia bakal memperkuat bisnis kantor luar negeri dengan perluasan target pasar dan optimalisasi jaringan Bank Mandiri Group.

"Jika awalnya target pasar kami membantu pebisnis Tanah Air ke luar negeri, kini kami menyasar Indonesian Related Global Trading Company, Sindikasi global serta Supply Chain Indonesian Link customers, termasuk memfasilitasi aliran bisnis di negara dimana KLN Mandiri berada,” kata Darmawan.

Sebagai informasi, Bank Mandiri memiliki 7 KLN, antara lain di Malaysia, Singapura, Timor Leste, Hongkong, Tiongkok, Cayman Island dan UK.

Dari aspek risiko, KLN Bank Mandiri mampu menjaga kualitas aset produktif melalui upaya pemberian kredit secara selektif sehingga NPL dapat ditekan dari 1,42 persen pada 2015 menjadi 0,12 persen pada 2019.

https://money.kompas.com/read/2020/02/12/082652726/laba-kantor-bank-mandiri-luar-negeri-capai-rp-13-triliun-selama-2019

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke