Salin Artikel

Nasabah Milenial Dominasi Tabungan Emas Pegadaian

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak milenial Indonesia yang telah melek investasi mungkin benar adanya.

Hal tersebut membuat beberapa komposisi kepemilikan saham atau instrumen investasi yang lain sedikit mengalami perubahan, khususnya emas yang biasanya menjadi andalan karena aset safe haven.

Di Pegadaian misalnya, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Harianto Widodo mengatakan, porsi milenial dengan usia di bawah 35 tahun mendominasi nasabah tabungan emas.

Tak hanya tabungan emas, milenial juga mendominasi Pegadaian digital services, yaitu aplikasi layanan Pegadaian yang bisa diunduh melalui Playstore dan Appstore.

"Umurnya mereka rata-rata memang bahwa hampir 60 persen di bawah 35 tahun, artinya milenial," kata Harianto di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Harianto bilang, dominasi milenial mampu mengubah dominasi usia di atas 45 tahun yang pernah menjadi dominan di Pegadaian.

Selain itu, persentase antara laki-laki dan perempuan lebih seimbang sekitar 50:50. Hal tersebut menunjukkan pengguna laki-laki lebih bertambah setelah sebelumnya perempuan mendominasi hingga 70 persen.

"Kalau dulu perempuan 70 persen, laki-laki cuma 30. Tapi yang baru ini hampir 50:50, yang artinya laki-laki banyak naik di channel digitalnya," ujar Harianto.

Adapun secara keseluruhan hingga saat ini, jumlah nasabah tabungan emas naik menjadi 4,6 juta pada 2019 dari 1,7 juta nasabah di tahun 2018.

Sejalan dengan itu, saldo tabungan emas secara akumulasi naik menjadi 4,3 ton pada 2019 dari 2,1 ton pada 2018.

https://money.kompas.com/read/2020/02/14/101200026/nasabah-milenial-dominasi-tabungan-emas-pegadaian

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.