Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bermodal Perahu Kecil, Bisnis Ikan Asin Wanita Ini Raih Omzet Rp 19 Juta

Warni bercerita, dirinya sudah memulai pengolahan ikan asin secara sederhana di rumahnya sejak 10 tahun lalu.

Hanya dengan mengandalkan sisa ikan yang tidak terjual dan teriknya matahari menjadi modal utama Warni menjalani bisnisnya pengasinan ikan.

Warni bercerita, pada awalnya ia mendapatkan modal sedikit dari dua orang anaknya yang sudah bekerja. Namun, modal tersebut tidak cukup untuk membeli perahu kecil untuk memudahkannya mencari ikan. Akhirnya Warni memberanikan diri meminjam kepada tengkulak.

Meski Warni mendapat modal untuk membeli perahu kecil, namun ikan yang ditangkap Warni harus dijual kepada tengkulak dengan harga yang sangat rendah.

Ditambah lagi Warni tak memilki tabungan, maka ia sulit untuk mengembangkan usahanya mengolah ikan asin, sehingga penghasilan yang diperoleh Warni cuma sedikit.

Tahun 2016, Warni mendapatkan pinjaman modal usaha dari BTPN Syariah sebesar Rp 2 juta.

Pinjaman tersebut tanpa jaminan apapun, hanya saja Warni diwajibkan dua pekan sekali mengikuti pertemuan dengan agenda penyampaian materi-materi pengembangan usaha mikro.

Degan begitu, perlahan Warni mampu memproduksi ikan asin dengan keuntungan Rp 19 juta per bulan dengan bantuan 3 orang karyawannya.

Produksi juga mulai bertambah. Namun saat ini karena musim hujan, jumlah pasokan ikan berkurang dimana nelayan bayak yang tidak melaut.

"Sehari dapat 10 ember sampai 15 ember (1 ember lebih kuran 7 kg). Kalau ikannya lagi banyak sekali bisa 30 ember. Tapi cuaca sekarang lagi hujan, jadi banyak yang tidak melaut," katanya.

Tak hanya itu, keuntungan Warni juga ia pakai untuk membangun warung makan disamping halaman tempat penjemuran ikan asin.

"Iya sekarang alhamdulillah sudah ada warung makan, dari hasil penjualan ikan asin," jelasnya.

Biasanya Warni menjual empat macam jenis ikan asin. Ada ikan sirik yang dihargai Rp 8.000 per kg sampai Rp 9.000 per kg, ikan tanjan dengan harga Rp 10.000 per kg sampai Rp 12.000 per kg, ikan teri asin Rp 25.000 per kg sampai Rp 30.000 per kg, dan ikan tawar Rp 65.000 per kg.

Tahun ini, Warni mengajukan top up tambahan modal Rp 8 juta. Dengan tambahan modal usaha tersebut dia berharap bisa meningkatkan produksi ikan asin, menambah perahu dan melebarkan pasarnya hingga ke luar kota.

Dengan demikian ada peningkatan keuntungan yang bisa diperolehnya.

"Pengennya bisa umrah, karena kalau haji kan nunggu lama, kalau umrah bisa cepat," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/02/18/114912726/bermodal-perahu-kecil-bisnis-ikan-asin-wanita-ini-raih-omzet-rp-19-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke