Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kembangkan Bisnis LNG di Pasar Global, PGN Gandeng Perusahaan China

KOMPAS.com – Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT Perusahaan Gas Negata (PGN) Syahrial Mukthar mengungkapkan, salah satu proyek strategis PGN adalah program pengembangan bisnis liquefied natural gas (LNG) di pasar internasional.

Kini, PGN telah memproyeksikan perluasan pasar LNG di China dengan menggandeng perusahaan EPC dan Manufacturer asal Tiongkok, yaitu WnD (Liaoning) Heavy Industry Co.,Ltd.

Menurut Syahrial, lewat kerja sama ini, WnD telah menyediakan solusi logistik LNG skala kecil di China.

“Dengan demikian, ada peluang untuk kerja sama ini dalam upaya mengembangkan industri LNG skala kecil di China dan regional,” kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (18/2/2020).

Syahrial melanjutkan, tidak menutup kemungkinan akan ada potensi kerja sama lain yang berdasar pada kesepakatan karena China memiliki potensi besar dan beragam peluang bisnis untuk dijelajahi.

Menurut dia, saat ini China membutuhkan sumber energi global untuk konsumsi energi yang terus meningkat.

Berdasarkan perhitungan PGN, China memiliki potential demand gas per LNG yang terus bertambah lebih dari 15 persen setiap tahun.

Kondisi itu bagi Syahrial menjadi hal yang tepat karena PGN dapat berkontribusi dengan mengutamakan portofolio LNG dari domestik.

Sementara itu, perjanjian kerja sama tersebut ditandatangai Syahrial dan Direktur Utama WnD Zhu Yanping William, Jumat (7/02/2020).

Sesuai MoU, dalam jangka satu tahun ke depan akan dijalankan aktivitas agar rencana PGN untuk masuk ke small-scale LNG di Tiongkok dan regional dapat terwujud sesuai rencana.

Optimalkan portofolio

Syahrial melanjutkan, PGN selaku subholding gas saat ini berinisiatif mengembangkan bisnis LNG dalam skala internasional untuk mengoptimalkan portofolio LNG domestik atau global.

Untuk itu, kerja sama dengan WnD itu sejalan dengan upaya memperluas layanan dan portofolio LNG di tingkat global.

“Kami sangat antusias mewujudkan kerja sama ini. WnD adalah perusahaan engineering, pengadaan, dan konstruksi LNG, CNG, dan peralatan kriogenik, sehingga menjadi penyedia solusi logistik LNG maupun CNG yang terintegrasi,” ujar Syahrial.

Ia pun berharap, baik PGN maupun WnD dapat saling melakukan eksplorasi lebih jauh mengenai perkembangan LNG lewat kerja sama ini.

Dalam pelaksanaannya, PGN dan WnD setuju akan saling berkoordinasi dalam pertukaran data serta informasi yang relevan sesuai kebutuhan demi keberhasilan penerapan kerja sama.

Keduanya juga sepakat memberi bantuan dan informasi seputar lisensi hingga otoritas yang dibutuhkan, termasuk saran serta evaluasi secara komprehensif dalam prosedur kerja sama.

Akan berlanjut ke negara lain

Pada 2020, pengembangan bisnis LNG Trading di pasar internasional ditargetkan memiliki total enam kargo dan di pasar domestik sebesar empat kargo.

Dalam lima tahun ke depan, akan ada peningkatan volume pengelolaan niaga Global LNG Trading sebesar kurang lebih 600 Billion British Thermal Unit Per Day (BBTUD).

Selain China, inisiasi LNG Trading tersebut akan mencakup sejumlah wilayah, salah satunya Jepang dengan potensi kebutuhan sebesar satu hingga dua kargo per tahun pada 2020.

Myanmar juga memiliki potensi permintaan sebesar sembilan kargo per tahun yang akan dimulai 2021.

Filipina pun memiliki potensi sebesar 18 kargo per tahun mulai tahun 2023. Sementara Eropa 1-2 kargo pada 2020.

“Program-program ini ditargetkan dapat memberikan benefit berupa keandalan kapasitas infrastruktur LNG,” kata Syahrial.

Dengan begitu, lanjut dia, kemampuan PGN akan bisa makin ditingkatkan sebagai Global LNG Player.

Perlu diketahui, PGN sebagai subholding gas bumi mendukung perluasan pemanfaatan gas bumi dan mendorong efisiensi di berbagai sektor.

Perluasan itu dilakukan agar gas bumi dapat memberikan nilai tambah bagi sektor usaha dan mendorong terwujudnya pemerataan ekonomi.

Guna menyokong optimalisasi pemanfaatan gas bumi di seluruh sektor, PGN terus berupaya memperluas pemanfaatan gas bumi agar tumbuh secara signifikan.

https://money.kompas.com/read/2020/02/18/170535026/kembangkan-bisnis-lng-di-pasar-global-pgn-gandeng-perusahaan-china

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke