Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BRI: Pengaruh Corona Pasti Ada, tapi Kami Sering Hadapi Turbulensi

Namun, sebelum adanya virus corona, BRI telah menghadapi banyak gejolak perekonomian global sehingga mereka sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi situasi seperti itu.

"Pengaruh pasti ada, tapi kita sudah sering menghadapi situasi yang turbulance bahkan volatile yang seperti ini, maka risk management kita dibuat untuk meng-cover itu, antara lain dengan PSAK 71 dan kemampuan kami untuk menghimpun laba dan mengalokasikan cadangan," ujarnya di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Cadangan yang dimaksud menurut dia, cukup kuat untuk meng-cover pertumbuhan. Tetapi, dia berharap dengan adanya omnibus law bisa mendongkrak kembali pertumbuhan ekonomi sesuai target yakni sebesar 5,1-5,3 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

"Tapi secara domestik kita sudah lihat bahwa mungkin dengan omnibus law, kebijakan fiskal yang akomodatif dan kebijakan bank sentral, sangat support terhadap pertumbuhan," katanya.

BRI merencanakan tahun ini untuk mencapai pertumbuhan kredit sebesar 10-12 persen, simpanan Dana Pihak Ketiga (DPK) 10-12 persen, demikian juga laba 10-11 persen, serta Loan to Deposit Ratio (LDR) 89-90 persen.

Sebelumnya, BRI membukukan laba sebesar Rp 34,41 triliun hingga kuartal IV 2019. Laba itu tumbuh 6,15 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari Rp 32,4 triliun pada 2018.

Perolehan laba ditopang oleh beberapa segmen, salah satunya penyaluran kredit. Tercatat hingga Desember 2019, penyaluran kredit mencapai Rp 908,88 triliun.

https://money.kompas.com/read/2020/02/19/060100526/bri--pengaruh-corona-pasti-ada-tapi-kami-sering-hadapi-turbulensi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke