Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahathir Mohamad Mundur, Indeks Bursa Saham Malaysia Anjlok ke Level Terendah Sejak 2011

Mengutip Bloomberg, indeks acuan Bursa Malaysia, yakni KLCI (Kuala Lumpur Index Composite), merosot 2,69 persen atau 41,14 poin menjadi 1.490,06 pada penutupan perdagangan Senin (24/2/2020). Posisi  ini terendah sejak tahun 2011.

Indeks saham sudah terpukul sejak pembukaan pagi hingga terus berkubang di zona merah di sepanjang perdagangan hari Senin tersebut.

Sebanyak 4,03 miliar saham senilai 3,906 miliar ringgit diperdagangkan di bursa saham Malaysia.

Indeks merosot di tengah ketidakpastian politik Malaysia menyusul pengunduran diri Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri.

Di sisi lain, pembicaraan tentang koalisi baru untuk mengambil alih Pakatan Harapan, koalisi partai politik yang berkuasa, terus beredar.

Mata uang ringgit juga melemah hari ini terhadap dollar Singapura dan dollar AS. Ringgit diperdagangkan pada 3,0128 terhadap dollar Singapura pada pukul 17.00 , terendah dalam dua minggu terakhir.

Sementara terhadap dollar AS, ringgit diperdagangkan pada 4,2215 per dollar AS, terendah dalam beberapa bulan terakhir.

Bank sentral Malaysia yakni Bank Negara Malaysia (BNM) menyatakan sedang memantau kondisi di pasar keuangan.

"Sementara gerakan ringgit akan terus ditentukan pasar, operasi pasar BNM akan memastikan likuiditas yang cukup dan kondisi pasar keuangan yang tertib," tulis BNM dalam sebuah pernyataan singkat. (Khomarul Hidayat)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Gejolak politik kian panas, indeks bursa saham Malaysia ditutup ambles 2,69%

https://money.kompas.com/read/2020/02/25/050700226/mahathir-mohamad-mundur-indeks-bursa-saham-malaysia-anjlok-ke-level-terendah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke