Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Raffi Ahmad Ingin Bantu UMKM lewat Rans Carnival

JAKARTA, KOMPAS.com - Digandeng Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), artis Raffi Ahmad berencana akan menggelar karnaval bertajuk Rans Carnival di 14 kota.

Dalam event ini Raffi mengatakan bahwa dirinya pun berencana untuk membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Di event ini nanti akan ada para UMKM yang menjual produk lokal baik makanan atau minuman selain itu akan ada acara workshop digital yang diperuntukan bagi siapa saja yang ingin bergabung dan juga dikhususkan bagi para pelaku UMKM," ujar Raffi di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Ia berharap dengan adanya workshop ini, para pelaku UMKM bisa memiliki ilmu bagaimana cara mempromosikan produknya melalui digital. Dengan demikian, UMKM juga bisa naik kelas.

Adapun 14 kota tempat diselenggarakan event tersebut di antaranya Makassar, Manado, Samarinda, Banjarmasin, Medan, Bandung, Karawang, Palembang, Padang, Pekanbaru, Sidoarjo, Kediri, Semarang, dan Cirebon. 

Raffi juga menyebut, dalam event ini pihaknya tidak memiliki target dari sisi nilai investasi, tapi lebih ingin mencari seberapa banyak orang yang bisa dikumpulkan dalam event ini dan bisa menikmatinya.

"Kalau target kita nggak ke nominal rupiahnya tapi lebih ke jumlah pengunjung seberapa banyak mereka yang bisa bergabung dan menikmati event ini dan kami menargetkan semoga di satu kota ada 50.000 jumlah pengunjung," jelasnya.

Rans Carnival akan dibuka di Makassar pada 27-29 Maret 2020 dengan harga tiket presale tidak melebihi Rp 100.000.

Raffi berharap melalui acara ini dirinya bisa mensosialisasikan bagi generasi muda dan para pelaku UMKM, bahwa dengan teknologi digital saat ini bisa membantu UMKM yang ingin naik kelas.

"Ini bukan sekadar event atau project biasa tapi lebih bagaimana kita bisa memberikan wadah yang bisa menampung para UMKM dan para keluarga bisa berkumpul dan bersosialisasi," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Staf khusus Menteri Koperasi dan UKM Fiki Safari mengatakan alasan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mau menerima kerja sama ini karena Raffi dinilai bisa menjadi contoh anak muda sukses yang bisa merepresentasikan Indonesia.

"Sebenarnya ini kami saling bersinergi dan yang paling penting adalah kami sepakat Pak Teten dan Raffi untuk mengangkat nasionalisme dan dalam hal ini nasionalisme kita itu yah produk lokal," ujar Fiki.


https://money.kompas.com/read/2020/02/25/172824526/raffi-ahmad-ingin-bantu-umkm-lewat-rans-carnival

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke