Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Kemenlu Masih Lobi Arab Saudi

"Ya itulah dunia ini, kita nggak tahu, ini lagi di lobi lagi oleh Menteri Luar Negeri. Saya nggak tahu itu, Menlu yang tahu itu," ucapnya di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Untuk nilai kerugian di sektor pariwisata, saat ini pemerintah masih menghitung besarannya. "Sekarang sedang dihitung tinggal nunggunya saya kira. Menko Perekonomian sudah bicara dengan Menlu, Menhub terkait semua," ujarnya.

Luhut mengatakan, kerugian karena Covid 19 tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun di seluruh dunia. Bahkan, menurut dia, secara global negara lain juga melakukan hal serupa dengan Indonesia untuk mendorong pariwisata dengan memberikan insentif.

"Semua dunia ini kena. Kita kasih insentif ini tentu mau menggairahkan turis dalam negeri kita sendiri. Ini bukan hanya kita saja yang lakukan, Australia juga lakukan, negara lain melakukan sehingga ekonomi tetap jalan," ujarnya.

"Sekarang ini seperti tadi, Singapura saja sekarang 70 persen traveling dihentikan keluar sementara, ke Eropa misalnya karena tadi unknown," lanjut mantan Menko Polhukam.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, insentif untuk wisman, pemerintah memberikan alokasi tambahan sebesar Rp 298,5 miliar.

Insentif tersebut terdiri dari Insentif Airlines dan Travel Agent, Insentif dalam skema Joint Promotion, kegiatan promosi pariwisata serta familiarization trip (famtrip) dan influencer.

Sementara untuk wisatawan domestik, pemerintah memberikan diskon 30 persen penerbangan ke 10 tujuan wisata. Adapun 30 persen itu untuk kuota 25 persen seats di setiap penerbangan ke 10 tujuan wisata. Insentif tersebut akan berlaku mulai Maret hingga Mei 2020.

https://money.kompas.com/read/2020/02/28/192823526/luhut-kemenlu-masih-lobi-arab-saudi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke