Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos WIKA Ungkap Menteri PUPR Sempat Marah Akibat Proyek Kereta Cepat

Tumiwa pun diberi pekerjaan rumah oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait proyek kereta cepat yang disetop sementara itu.

WIKA sendiri merupakan salah satu konsorsium yang tergabung dalam PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Selain WIKA perusahaan dalam negeri yang tergabung dalam konsorsium tersebut, yakni PT Jasamarga (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero), serta PT Kereta Api Indonesia (Persero).

“Kinerjanya diperbaiki, drainase yang ketutup dibuka, K3-nya dibenahi, SOP ditepati, supaya kerjanya positif,” ujar Tumiyana di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Tumiyana mengakui, banjir yang sempat terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek beberapa waktu lalu terjadi karena proyek KCIC. Namun, saat ini permasalahan tersebut sudah ditanggulangi.

“Iya, langsung dibuka hari itu juga, Pak Menteri (Basuki Hadimuljono) marah,” kata Tumiyana.

Kendati proyek KCIC dihentikan selama 14 hari, Tumiyana memastikan proyek tersebut tak akan terganggu. Sebab, penghentian tersebut dilakukan tujuannya agar proyek itu lebih baik lagi ke depannya.

“Bukan diberhentikan, kita kan kemarin ada saluran yang mampet sedikit, dievaluasi ulang supaya ada perbaikan kinerjanya teman-teman konsorsium China,” ucap dia.


Tumiyana pun berharap agar proyek KCIC tak dihentikan selama 14 hari. Sebab, saat ini pihaknya bersama konsorsium lainnya tengah melakukan pembenahan.

“Harapannya bisa lebih cepat dari dua minggu. Dua minggu itu batasannya supaya sebelum dua minggu kalau sudah rilis ya kita jalan lagi,” ujar dia.

Sebelumnya, Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara tegas menghentikan sementara proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC).

Penghentian proyek dari segala aktivitas konstruksi akan dimulai Senin (2/3/3030) besok untuk waktu 14 hari kerja efektif.

Proyek KCJB diduga menyebabkan banjir di sekitar area Tol Jakarta-Cikampek yang konsesinya dipegang PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

https://money.kompas.com/read/2020/03/02/150717526/bos-wika-ungkap-menteri-pupr-sempat-marah-akibat-proyek-kereta-cepat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke