Salin Artikel

Teten Masduki: UKM Butuh Partner agar Terbubung dengan Ekosistem Digital

Pasalnya banyak UKM saat ini cenderung berusaha sendiri dan tidak mampu memenuhi permintaan pasar secara berkesinambungan dalam volume yang besar.

"Jumlah usaha mikro itu 63 jutaan mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan sampai warung. Jadi dibutuhkan startup baru yang bisa jadi partner usaha mikro untuk bisa terhubung," kata Teten Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2020).

Teten mengatakan di Indonesia ada banyak UKM dengan hasil komoditas yang memiliki nilai tinggi seperti kopi, umbi-umbian, kepiting, furniture, maupun buah tropis. Namun pasokannya masih dalam skala kecil.

"Hal ini membutuhkan kemitraan yang bisa menghubungkan (UKM) dengan market yang membutuhkan supply dalam jumlah besar dan teratur," jelasnya.

Terkait dengan Grab Ventures Velocity, Teten mengaku sangat mendukung langkah tersebut.

"Ini bisa memberikan manfaat pada usaha-usaha mikro agar bisa naik kelas atau scale up," jelasnya.

Selanjutnya, yang masih sangat dibutuhkan dalam mengangkat UKM adalah terhubung ke ekosistem digital dimana para seller (penjual) di market place, aktif dalam mencari pembeli.

https://money.kompas.com/read/2020/03/03/142917626/teten-masduki-ukm-butuh-partner-agar-terbubung-dengan-ekosistem-digital

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.