Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SKK Migas Optimistis Indonesia Bisa Menjadi Pemasok Utama LNG di Pasar Global

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan rampungnya proyek kilang Masela dan proyek utama hulu migas serta penemuan lapangan migas baru lainnya akan menjadikan Indonesia kembali menjadi salah satu produsen gas utama dunia.

"Ini sekaligus mendukung pemerintah meningkatkan daya saing indsutri dalam negeri dengan ketersediaan pasokan gas, serta menjadikan Indonesia berpeluang untuk kembali menjadi pemasok utama LNG dunia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (4/3/2020).

SKK Migas saat ini telah memiliki 4 (empat) strategi untuk meningkatkan produksi migas nasional, yakni, mempertahankan tingkat produksi eksisting yang tinggi, transformasi sumberdaya ke produksi, mempercepat chemical EOR, dan eksplorasi untuk penemuan besar.

'SKK Migas juga telah mengidentifikasi 12 area yang berpotensi memiliki kandungan migas dalam jumlah yang besar dengan rincian 6 area di Indonesia bagian barat, 4 area di Indonesia bagian timur dan 2 area di laut dalam," lanjut Dwi Soetjipto.

Dari total produksi gas tahun 2019 sebesar 6.140 BBTU, penyaluran dalam bentuk LNG secara keseluruhan mencapai 2.025 BBTU. Dari jumlah tersebut, alokasi untuk domestik sebesar 508 BBTU dan LNG ekspor sebesar 1.417 BBTU.

Saat ini kapasitas kilang LNG di Indonesia sebesar 16 MTPA yang berasal dari LNG Tangguh 7,6 MTPA dan LNG Bontang 8,6 MTPA. Kapasitas kilang LNG akan bertambah sebear 13,3 MTPA jika proyek train 3 Tangguh dengan kapasitas 3,8 MTPA dan Abadi LNG (Masela Project) sebesar 9,5 MTPA selesai dibangun.

Pasar ekspor utama LNG dari Indonesia adalah ke China, Jepang, Korea Selatan, Thailand dan Taiwan yang dipasok dari kilang LNG Badak dan LNG Tangguh.

Sementara itu penyelesaian proyek hulu migas dan mega proyek Abadi Masela di masa mendatang akan bisa membuat Indonesia kembali menjadi salah satu produsen utama LNG dunia.

https://money.kompas.com/read/2020/03/04/164411026/skk-migas-optimistis-indonesia-bisa-menjadi-pemasok-utama-lng-di-pasar-global

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke