Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Direktur Pasar Jaya: Stok Masker Aman, hingga 1 Juta Lembar

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin menjamin, stok masker di Indonesia aman mencapai 1 juta lembar atau sekitar 20.000 kotak.

Hal ini dia sampaikan dalam sidak masker di Pasar Pramuka, Jakarta.

"Jangan sampai ada orang hadir mencari keuntungannya sendiri. Hari ini saya bekerja sama dengan toko pedagang di sini (Pasar Pramuka) sepakat kita. Sepakat untuk saling bersinergi, kemudian cari stok yang benar-benar sesuai dengan standar produk nasional kita. Kemudian ada menkesnya dan berbagai macam ISO, kita dapat satu juta masker yang jadi bahan untuk jadi operasi pasar," jelasnya, Kamis (5/3/2020).

Untuk penyaluran masker ke sendiri ke pasar-pasar khusus penjualan masker dan medis, lanjut Arief, akan dilakukan secara bertahap.

Harga jual masker di Pasar Pramuka terutama di JakMart dipasarkan sebesar Rp 2.500 per lembar.

Jadi, untuk per satu kotak isi 50 lembar, dijual senilai Rp 125.000. Namun, di gerai atau grosir milik Pasar Jaya, dijual lebih rendah sebesar Rp 1.950 per lembar.

"Semua balik lagi kepada masyarakat. Tadi saya bilang jangan lagi ada spekulan. Jadi satu orang itu untuk di Pasar Pramuka satu boks. Tapi kalau di jaringan kita punya distribusi Pasar Jaya, ya grosir, dan gerai-gerai itu hanya dua pieces. Tapi harganya memang lebih murah Rp 1.950 per lembar," jelasnya.


Sebelum adanya wabah virus corona atau Covid-19, harga masker dia akui lebih murah dari kondisi saat ini.

"Satu boks Rp 125.000, kalau per pieces-nya Rp 2.500 itu hal yang wajar. Memang sebelum corona harganya di bawah itu, sekitar Rp 80.000," ucapnya.

Namun, karena wabah virus corona mulai masuk ke Indonesia dan dua orang warga negaranya dinyatakan positif maka membuat masyarakat jadi "panic buying" dan memborong banyak masker. Sehingga itulah yang menyebabkan harga masker melonjak signifikan.

"Sekali lagi saya minta kepada masyarakat jangan kemudian jadi pengaruh ini masker harganya jadi luar biasa gilanya. Seolah-olah ini bisa menjadi salah satu langkah untuk melakukan normalisasi harga masker di Pasar Pramuka," katanya.

https://money.kompas.com/read/2020/03/05/171613526/direktur-pasar-jaya-stok-masker-aman-hingga-1-juta-lembar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke