Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sudah Jadi Kebiasaan, Lamar Kerja Pakai Kemeja Putih dan Bawahan Hitam

JAKARTA, KOMPAS.com - Di berbagai tempat, kerap ditemui orang-orang berkemeja putih rapi dan bawahan hitam. Jika menemui pakem cara berpakaian tersebut, umumnya adalah mereka yang tengah melamar pekerjaan atau karyawan baru.

Sejauh ini, pakem berkemeja putih dan bawahan hitam masih jadi standar bagi pegawai baru di instansi pemerintahan. Hal ini bisa dilihat saat proses rekrutmen CPNS, di mana pelamar diwajibkan menggunakan standar berpakaian tersebut.

Hal itu pula yang juga kadang masih diterapkan di perusahaan swasta maupun BUMN. Namun pakem berpakaian bagi pelamar kerja maupun karyawan baru di perusahaan saat ini terbilang sudah sangat fleksibel.

Pakar Career Development, Audi Lumbantoruan, mengungkapkan sejatinya tak ada aturan resmi yang mengatur cara berpakaian. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pencari kerja saat datang ke perusahaan yang dilamarnya.

Yang perlu diingat, busana yang dikenakan saat proses melamar pekerjaan seperti saat datang wawancara, haruslah mencerminkan profesionalitas.

"Karena memang tidak aturannya, yang penting itu rapi dan representatif. Representatif di sini artinya menyesuaikan dengan posisi yang dilamar dan jenis perusahaannya," jelas Audi kepada Kompas.com, Jumat (6/3/2020).

Dia mencontohkan, pelamar kerja bisa saja memilih menggunakan pakaian outdoor atau kemeja lapangan jika memang posisi yang dilamarnya posisi seperti teknisi atau staf gudang.

"Kuncinya kan sopan dan sesuai dengan apa yang dilamar. Tentu melamar pekerjaan yang sifatnya administratif untuk pekerja kantoran dengan pakaian lapangan kurang cocok," jelasnya.

Pakaian saat proses rekrutmen juga tergantung dari level jabatan yang dilamarnya. Semakin tinggi posisi yang dilamar, tentu berbeda dengan posisi staf.

"Jika kandidatnya melamar posisi manajer ke atas, apalagi itu perusahaan multinasional, ada baiknya pakai kemeja dipadu jas dan dasi. Sekarang ini, banyak juga yang mengganti jas dengan batik saat lamar kerja, itu juga ideal," ujar Audi.

Menyinggung soal kemeja putih dan bawahan hitam, sambungnya, hal itu hanya karena kebiasaan sejak lama saja. Namun, saat ini, tak banyak perusahaan yang menetapkan pakem berpakaian saat proses rekrutmen.

"Asalkan rapi dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Itu sudah cukup," kata Audi yang juga Head of People and Organization Capability Development Division Siloam Hospital.

https://money.kompas.com/read/2020/03/06/123000426/sudah-jadi-kebiasaan-lamar-kerja-pakai-kemeja-putih-dan-bawahan-hitam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke