Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Corona Mewabah, AP I Catat 1,67 Juta Penumpang Batalkan Penerbangan

Pembatalan penerbangan itu terjadi di 15 bandara yang dikelola perusahaan pelat merah tersebut.

Direktur PT AP I Faik Fahmi mengatakan, dalam periode Januari hingga Februari 2020 tercatat ada 12.703 penerbangan yang dibatalkan karena isu virus corona.

“Januari-Februari itu di 15 bandara, ada 12.703 penerbangan (yang dibatalkan) atau sekitar 11.680 penerbangan domestik, 1.023 internasional. Ini baru di Januari-Februari, itu total flight cancel,” ujar Faik di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Faik memperkirakan jumlah penerbangan yang dibatalkan itu akan terus bertambah. Sebab, sudah ada beberapa maskapai asing lainnya yang menyatakan membatalkan penerbangannya.

“Beberapa airlines asing notice cancel pernerbangan dari Viet Jet, Scout (Air), Korean Air. Itu mereka memberhentikan sementara karena virus ini," kata dia.

Kondisi ini ditambah dengan adanya kebijakan larangan umrah ke Arab Saudi. Padahal kata Faik, jumlah penerbangan umrah ke Arab Saudi yang melalui bandara AP I mencapai 90 flight per bulan.

Dengan adanya pembatalan penerbangan itu, Faik memperkirakan akan menimbulkan potensi kehilangan pendapatan sekitar Rp 207 miliar di periode Januari hingga Februari 2020.

“Tapi kami belum hitung bisnis non aero-nya. Soalnya kami punya bisnis restoran dan ritel,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2020/03/06/203500126/corona-mewabah-ap-i-catat-1-67-juta-penumpang-batalkan-penerbangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke