Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelatihan Diplomat, Indonesia Kerja Sama dengan Belanda

Adapun dua perjanjian yang ditandatangani yaitu Letter of Intent (LoI) on Women, Peace, and Security dan Nota Kesepahaman terkait Kerja Sama Pelatihan Diplomat.

“LoI on Women, Peace, and Security merupakan bentuk kolaborasi kedua negara untuk memperkuat kapasitas perempuan dalam perdamaian dan keamanan, melalui program pelatihan bagi peacekeepers dan mediator,” ujar Retno di Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020).

Kesepakatan bilateral ini ditandatangani sejalan dengan peran aktif Indonesia dalam memajukan peran wanita dalam perdamaian dan keamanan secara global.

Peran tersebut di antaranya melalui inisiatif pembentukan ASEAN Women Mediators Network dan pembentukan Jaringan Solidaritas Wanita Afghanistan-Indonesia di Kabul awal Maret lalu.

Pada pertemuan malam tadi, Retno dan Stef Blok juga membahas mengenai kerjasama ekonomi, terutama rencana investasi pabrik Friesland Campina di Indonesia.

Retno menyampaikan, pemerintah Indonesia menyambut baik hal ini sebagai investasi baru yang akan dilakukan oleh Perusahaan Belanda di Indonesia, termasuk perluasan investasi pabrik susu Friesland Campina senilai 300 juta dollar AS.

Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Eropa. Investasi Belanda tahun 2019 menduduki peringkat pertama dari Eropa.

Belanda merupakan mitra ke-2 terbesar perdagangan dengan Eropa, dan turis Belanda merupakan ke-empat terbesar dari Eropa.

Pertemuan ini juga membahas berbagai isu-isu global termasuk perkembangan wabah Covid-19 dan peran aktif Indonesia dalam proses perdamaian di Afghanistan.

Selanjutnya keduanya turut membahas persiapan pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Raja Willem Alexander yang akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada tanggal 9 sampai 13 Maret 2020.

“Kunjungan ini akan menjadi momentum baru kemitraan Indonesia-Belanda kedepan," tegas Retno.

https://money.kompas.com/read/2020/03/10/075950126/pelatihan-diplomat-indonesia-kerja-sama-dengan-belanda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke