Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Shopee Jamin Produk China yang Dijual Terbebas Virus Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Head of Public Policy and Goverment Relation Shopee, Radityo Triatmojo mengatakan, produk China yang diperdagangkan pada platform e-commerce mereka dipastikan bebas dari penyebaran virus corona (Covid-19).

"Kita sudah cek dari awal virus ini muncul, gudang-gudang di sana disemprot disinfektan. Jadi, enggak terus kita tiba-tiba normal," katanya di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Jadi, lanjut Radit, pihak pembeli tidak perlu khawatir jika membeli barang produk buatan China. Karena, pihak penyalur dan menuju ke marketplace Shopee dilakukan pencegahan dua kali penyemprotan disinfektan.

"Itu semua gudang termasuk barang disemprot disinfektan yang tentunya aman buat barangnya baru bisa dikirimkan. Dan sampai sini ada pengecekan lagi," jelasnya.

Sementara mengenai penjualan produk dari China, memang diakui ada penurunan karena keresahan dari para pembeli adanya wabah tersebut.

Radityo menyebut, ada dua faktor penyebab terjadinya penurunan penjualan produk dari China.

Yaitu, wabah virus corona serta aturan ambang batas pembebasan bea impor via e-commerce (de minimis).

"Pasti ada penurunan. Selain itu, ada regulasi de minimis 3 dollar AS, jadi itu berpengaruh. Jadi ada dua hal mempengaruhi mereka," ujarnya.

Selain itu, pihak Shopee dan penjual dari China terus berkomunikasi mengenai pengiriman barang apabila terjadi keterlambatan. Shopee menurut dia, selalu menginformasikan kepada para pembeli atas keterlambatan tersebut.

"Pasti ada (pemberitahuan). Seperti mengalami keterlambatan (pengiriman), kayak 10 pesawat jadi tiga pesawat. Intinya sih kita langsung adjust ke sistem juga. Global epidemi bukan sesuatu yang bisa kontrol, nobody control," katanya.

"Kita memastikan keterlambatan atau tidaknya, dan meminta mereka memberitahukan ke buyer-nya," lanjut Radityo.

https://money.kompas.com/read/2020/03/12/212400926/shopee-jamin-produk-china-yang-dijual-terbebas-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke