Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bappenas: Menteri PPN Suharso Monoarfa Sehat dan Tak Menunjukkan Gejala Covid-19

Tes dilakukan usai Suharso diketahui sempat duduk di sebelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat tanggal 11 Maret 2020. Saat ini, Budi Karya dinyatakan positif terinfeksi corona.

Kementerian PPN/Bappenas menyatakan, saat ini Suharso dalam keadaan sehat tanpa menunjukkan gejala apapun dari Covid-19, sehingga kurang tepat bila Suharso saat ini diduga terpapar dan tengah mengisolasi diri.

"Kurang tepat apabila dikatakan bahwa Menteri PPN/Kepala Bappenas diduga terpapar Covid-19 dan sedang mengisolasi diri. Saat ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas dalam keadaan sehat tanpa menunjukkan gejala apapun dari Covid-19," kata pihak Kementerian PPN dalam keterangan resmi, Minggu (15/3/2020).

Seperti diberitakan, para menteri Kabinet Indonesia Maju beserta spouse (isteri/suami) telah diarahkan untuk dapat melakukan tes Covid-19.

Berkaitan dengan itu, sampel darah Menteri PPN/Kepala Bappenas pun telah diambil pada Minggu, 15 Maret 2020 di Bali untuk dilakukan pengujian.

Suharso pun telah mempraktikkan sejumlah disiplin diri sebagai upaya berjaga-jaga, seperti menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas asupan gizi serta mengkonsumsi sejumlah suplemen dan vitamin.

"Tak hanya itu, Menteri PPN menjaga dan meningkatkan higenitas diri antara lain rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, mengurangi kontak fisik langsung, seperti salaman serta memegang mata, hidung dan mulut, juga menggunakan masker pada kondisi atau tempat tertentu, serta memonitor suhu badan secara reguler," ujarnya.


Lebih lanjut, Kementerian PPN/Bappenas juga telah melaksanakan sejumlah protokol terkait Covid-19, seperti pemeriksaan suhu badan saat memasuki gedung kantor dan menunda berbagai kegiatan yg menghimpun masa atau perjalanan luar negeri.

Penerapan flexiwork (work from home) pun juga dilakukan untuk meminimalkan interaksi fisik pegawai Bappenas. Bahkan per Senin, 16 Maret 2020 diberlakukan compulsory secara penuh selama 2 minggu ke depan.

"Kementerian PPN/Bappenas mengarahkan tiap pegawai yang melaksanakan flexiwork untuk secara mandiri memonitor dengan seksama kesehatan fisik masing-masing terhadap gejala yg menyerupai Covid-19 serta membatasi pergerakan ke tempat-tempat umum yg tidak diperlukan/mendesak," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/03/15/173920226/bappenas-menteri-ppn-suharso-monoarfa-sehat-dan-tak-menunjukkan-gejala-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke