Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbas Virus Corona, Filipina Tutup Sementara Seluruh Pasar Keuangan

MANILA, KOMPAS.com - Filipina menutup seluruh perdagangan pasar keuangan di negara tersebut.

Langkah kontroversial ini menjadikan Filipina sebagai negara pertama yang menutup pasar keuangan sebagai respons pandemi virus corona yang menyebar dengan pesat.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (17/3/2020), pimpinan bursa efek Filipina menyatakan pihaknya bakal kembali membuka perdagangan pada Kamis (19/3/2020) mendatang.

Langkah kontroversial Filipina untuk menghentikan perdagangan di pasar keuangan muncul di tengah spekulasi negara-negara lain akan melakukan hal serupa. Ini sejalan dengan anjloknya pasar saham di seluruh dunia akibat kekhawatiran terjadinya resesi global.

Selain Filipina, Srilanka juga memutuskan untuk menghentikan sementara perdagangan di bursa saham. Sementara itu, bursa saham New York Stock Exchange mengumumkan tetap melakukan perdagangan.

Keputusan Filipina untuk menutup perdagangan saham, mata uang, dan obligasi berlaku efektif pada hari ini.

Sebelumnya, pada Senin (16/3/2020), Presiden Rodrigo Duterte mengumumkan isolasi total atau lockdown tak hanya di ibukota Manila, namun juga meluas ke seluruh Pulau Luzon, pulau utama Filipina dengan populasi 57 juta orang.

Direktur Utama Bursa Efek Filipina Ramon Monzon menyatakan pihaknya menargetkan perdagangan di lantai bursa akan kembali dibuka pada lusa.

"Jika kami diberikan kesempatan untuk menyuarakan posisi kami, maka kami meminta tidak disertakan dalam penutupan. Bahkan jika pasar anjlok, lebih baik (bursa) tetap buka dan memiliki transparansi," terang Monzon.

Sepanjang tahun ini, pasar saham Filipina telah anjlok 30 persen, salah satu yang terburuk di Asia.

Menutup pasar saham ketika dalam periode krisis memang hal yang langka, namun pernah terjadi sebelumnya.

Pasca serangan teroris 11 September 2001, bursa saham AS tutup hampir sepekan. Sementara itu, bursa saham Hong Kong menghentikan perdagangan ketika terjadi peristiwa Black Monday pada tahun 1987.

Kemudian, bursa saham Yunani tutup selama lima pekan pada tahun 2015.

https://money.kompas.com/read/2020/03/17/133927326/imbas-virus-corona-filipina-tutup-sementara-seluruh-pasar-keuangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke