Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Berbalik Menguat ke Level Rp 15.960

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 15.960 per dollar AS atau menguat 48 poin sebesar 0,3 persen dibanding penutupan Kamis Rp 15.912 per dollar AS.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, rencana pemerintah membeli peralatan medis canggih yang bisa mendeteksi virus corona membuat sentimen pasar berbalik positif akhir pekan ini.

“Ada kemungkinan setelah alat deteksi dari China sudah didistribusikan ke rumah sakit pemerintah atau swasta di setiap daerah, alat tersebut akan bisa berfungsi dan dalam waktu 1 jam bisa terdeksi virusnya,” kata Ibrahim.

Namun disisi lain, dengan alat tersebut kemungkinan pasien yang terjangkit virus akan kembali meningkat, bahkan bisa saja yang terjangkit positif akan lebih besar.

Namun upaya lockdown dinilai dapat dilakukan pemerintah untuk menutup akses virus tersebut sehingga akan mengurangi pasien yang terjangkit.

“Ini merupakan tantangan terbesar bagi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk bersama-sama melakukan sosialisasi sampai tingkat bawah dan pemerintah perlu melakukan lockdown (Penutupan sementara) bagi wilayah yang banyak terjangkit virus corona,” kata dia.


Pemerintah saat ini fokus ke masalah kesehatan terutama rumah sakit. Disisi lain, Bank Indonesia fokus melakukan intervensi di pasar DNDF.

Namun Ibrahim menyarankan Bank Indonesia untuk tidak kembali menurunkan suku bunga acuan, karena akan berdampak pada pelemahan rupiah.

“Karena saat ini kepanikan pasar mengakibatkan rupiah melemah, sekali lagi Bank Indonesia diharapkan tidak menurunkan suku bunga acuannya,” ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/03/20/165935326/rupiah-berbalik-menguat-ke-level-rp-15960

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke