Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Investor, Ini Cara Manfaatkan Peluang Cuan di Tengah Virus Corona

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyikapi kondisi ekonomi yang tidak pasti akibat kemunculan virus corona, maka banyak investor yang cenderung mengalihkan asetnya, dari aset berisiko ke aset aman.

Ada juga yang memilih wait and see hingga kondisi mulai membaik dan pasar kembali bangkit.

Katarina Setiawan, Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia mengatakan ada dual hal yang bisa dilakukan investor dalam menyikapi kondisi black swan event (kondisi tak terduga) ini secara rasional.

Menurutnya, kondisi ini biasanya cenderung membuat investor panik, sehingga wajar bagi investor untuk tidak rasional dalam mengambil keputusan akan investasinya.

“Namun belajar dari pengalaman yang lalu, volatilitas dan koreksi ekstrim biasanya selalu diikuti dengan kenaikan tajam setelahnya,” ungkap Katarina.

Katarina mengatakan, sesudah kepanikan berlalu atau dengan lebih stabilnya jumlah kasus Covid-19, investor akan dapat lebih tenang menganalisa dampak riil terhadap perekonomian, laba korporasi serta pasar finansial.

“Menjual saham saat ini, sayang sekali. Kondisi harga turun 31 persen, sementara penurunan laba korporasi tidak akan turun setajam 31 persen, bahkan mungkin tidak turun sejauh 10 persen,” jelasnya.

Selanjutnya, Anda bisa mengkaji ulang posisi portofolio dan ingat akan tujuan investasi Anda. Jika perlu, Anda bisa lakukan rebalancing.

“Sesuaikan selalu dengan tujuan investasi serta profil risiko yang dimiliki dan jangan lupa untuk mengambil peluang yang ada,” tambahnya.

Katarina juga menghimbau para investor untuk menempatkan investasinya pada mitra terpercaya dengan melihat kriterianya.

Misalkan saja, mitra yang memiliki proses investasi yang prudent, memiliki rekam jejak baik, dipercaya oleh sejumlah besar nasabah dan kapital yang besar.

https://money.kompas.com/read/2020/03/21/114906226/investor-ini-cara-manfaatkan-peluang-cuan-di-tengah-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke