Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitigasi Dampak Corona, Fintech Modalku Siapkan 3 Langkah

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengungkapkan, ada tiga langkah untuk memantau dan mengelola risiko pada portofolio dalam beberapa waktu ke depan.

“Kami telah memantau perkembangan virus COVID-19 sejak Januari 2020. Dinamika perekonomian yang sedang terjadi mempengaruhi kondisi bisnis para UMKM di sektor tertentu yang menjadi peminjam di Modalku," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (31/3/2020).

"Strategi pertumbuhan kami saat ini fokus kepada UMKM beserta jaringannya dan berdiskusi untuk menemukan solusi yang terbaik dalam mendukung kelangsungan perkembangan bisnis UMKM di Indonesia," sambungnya.

Adapun ketiga langkah memitigasi risiko akibat wabah corona yang dijalankan Modalku yakni pertama melakukan proses seleksi yang lebih menyeluruh terhadap calon peminjam maupun UMKM yang sudah menjadi peminjam di Modalku.

Modalku akan memberikan perhatian lebih kepada industri seperti food & beverage, travel, perdagangan lintas negara dan industri jasa yang bergantung pada tenaga kerja dari negara- negara yang terkena dampak corona di Asia Tenggara.

Kedua, Modalku akan menyesuaikan batas jumlah (limit) serta jangka waktu pinjaman (tenor). Hal ini akan disesuaikan dengan jenis pinjaman dan profil bisnis masing- masing UMKM.

Ketiga, Modalku akan memaksimalkan kolaborasi dengan platform e-commerce. Transaksi e-commerce dinilai bisa berkembang kondisi pentingnya physical distancing saat ini.

Reynold mengatakan, Modalku akan berkoordinasi dengan OJK sebagai regulator & AFPI sebagai asosiasi sehingga langkah- langkah yang kami ambil sesuai dengan regulasi dari OJK

“Secara berkala, kami akan terus mengelola langkah- langkah tersebut dengan hati – hati dan mengembangkan kemampuan manajemen risiko sesuai dengan situasi ekonomi global saat ini," kata dia.

Saat ini, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia dengan nama Funding Societies. Hingga bulan Maret 2020, Grup Modalku telah berhasil menyalurkan pinjaman usaha lebih dari Rp 13 triliun.

https://money.kompas.com/read/2020/03/31/140009426/mitigasi-dampak-corona-fintech-modalku-siapkan-3-langkah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke