Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Digandeng Taspen, BTN Layani Transfer Uang Pensiunan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melayani transfer uang pensiunan PT Taspen (Persero) pada April 2020.

Dengan demikian, penerima manfaat dana pensiun tidak perlu ke kantor untuk melakukan pencairan dana.

BTN telah berkoordinasi dengan Taspen untuk memudahkan pembayaran pensiunan Taspen bulan April 2020. Seluruh uang pensiun langsung masuk ke rekening penerima pensiun tanpa ada blokir.

"Para peserta pensiunan juga tidak wajib melakukan otentikasi sehingga bagi mereka yang memiliki kartu ATM bisa langsung menarik dananya di ATM BTN atau ATM berlogo Link dimana saja di seluruh Indonesia,” kata Corporate Secretary BTN Ari Kurniaman dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Sebagai informasi, biasanya penarikan dana pensiun banyak dilakukan di outlet bank secara langsung karena mewajibkan otentifikasi data nasabah.

Namun pada bulan April 2020, BTN dan Taspen turut mematuhi imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak dan mengurangi terjadinya kerumunan di satu lokasi.

Salah satu caranya dengan memanfaatkan layanan perbankan digital dan melakukan pengiriman dana langsung oleh bank tanpa perlu proses otentifikasi.

“Langkah ini justru sangat memudahkan nasabah dan prosesnya lebih cepat karena para nasabah penerima dana pensiun tidak perlu keluar rumah, naik transportasi umum menuju ke outlet, cukup di rumah saja, atau datang ke ATM BTN atau ATM berlogo Link terdekat, dana pensiun sudah langsung masuk ke rekening dan bisa diambil dengan mudah,” kata Ari.

Sementara yang belum memiliki kartu debit atau ATM BTN, dapat melakukan penarikan dana pensiun langsung di outlet BTN.

"Petugas kami juga siap melayani dengan protokol pelayanan yang sudah disiapkan," jelas Ari.

Nasabah peserta pensiunan juga dapat langsung mengecek dana tersebut lewat mobile banking atau internet banking BTN.

“Tanpa perlu keluar rumah, nasabah dapat mengakses layanan banking from home lewat aplikasi mobile banking, misalnya mengecek dana di rekening, mutasi rekening, membayar tagihan dan sebagainya,” ungkap Ari.

https://money.kompas.com/read/2020/03/31/200920626/digandeng-taspen-btn-layani-transfer-uang-pensiunan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke