Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pergerakan Rupiah Diproyeksikan Bakal Tertekan Hari Ini

Mengutip data Bloomberg pukul 09.30 WIB rupiah berada pada level Rp 16.205 per dollar AS atau melemah 5 poin (0,03 persen) dibandingkan penutupan Selasa pada level Rp 16.200 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pergerakan rupiah hari ini diproyeksikan bakal mengalami tekanan lantaran jumlah kasus virus corona di AS kembali meningkat.

“Sentimen negatif kembali masuk ke pasar keuangan setelah data tingkat kematian akibat virus di AS menunjukkan kenaikan yang tajam,” ungkap Ariston kepada Kompas.com.

Peningkatan jumlah kasus di AS ini juga direspons bursa saham dengan pelemahan indeks. Ini terlihat dari indeks Dow Future yang sempat mengalami penurunan 147 poin atau 0,68 persen. Demikian juga dengan S&P yang turun 0,12 persen disusul oleh indeks Nasdaq yang juga turun 0,33 persen.

Pasar yang mulai khawatir, kemudian mulai mencari cara untuk mengamankan investasinya. Salh satunya adalah dengan beralih ke asset save heaven.

“Pasar kembali masuk ke safe haven seperti dollar AS,” ujar Ariston.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 16.150 per dollar AS sampai dengan Rp 16.350 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2020/04/08/100100426/pergerakan-rupiah-diproyeksikan-bakal-tertekan-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke