Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Tengah Corona, CEO Zoom Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO sekaligus pendiri aplikasi konferensi video Zoom Video Communications Eric Yuan masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

Ini seiring dengan meningkatnya jumlah penggunaan aplikasi tersebut di tengah pandemik virus corona (Covid-19).

Dikutip dari Forbes, Rabu (8/4/2020), Yuan menduduki posisi ke 293 denghan total nilai kekayaan mencapai 5,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 88 triliun (kurs Rp 16.000).

Adapun dikutip dari Business Insider, pria berusia 50 tahun tersebut telah bekerja di bidang teknologi konferensi video sejak dirinya tiba di Amerika Serikat dari China pada tahun 1997.

Sebelumnya, Yuan sempat bekerja di WebEx sebelum perusahaan tersebut diakuisisi oleh Cisco pada 2007, dan kemudian menjabat sebagai Vice President di Cisco sebeum akhirnya mendirikan Zoom pada 2011.

Yuan mendapatkan ide untuk membangun aplikasi Zoom lantaran kala itu dirinya mengalami kesulitan untuk saling berkomunikasi dengan kekasihnya yang saat ini telah menjadi istrinya.

Saat itu, keduanya tengah melakukan studi di dua kampus yang berbeda.

Sebelum penggunaan layanan Zoom meledak di tengah pandemi, harga saham layanan videoconference tersebut telah meroket setelah perusahaan melakukan pencatatan saham perdana tahun lalu.

Kini, hampir 90 persen penduduk AS menggunakan layanan video conference Zoom karena harus bekerja dari rumah untuk menerapkan kebijakan physical disntancing.

Pada 23 Maret lalu, harga saham Zoom menukik hingga 135 persen (ytd) pada penutupan perdagangan dan mencatatkan rekor harga tertinggi pada 159,56 dollar AS per lembarnya.

Hingga Selasa (7/4/2020), total valuasi saham emiten tersebut mencapai 31 miliar dollar AS.

Namun demikian, peningkatan popularitas Zoom juga disertai dengan beberapa isu terkait privasi. Pasalnya, layanan tersebut kerap disalahgunakan oleh penggunanya.


Kepada CNN, Yuan mengatakan perusahaan telah salah langkah dalam proses penanganan privasi dan keamanan.

"Layanan kami dibangun untuk melayani pelanggan bisnis dan perusahaan, ”kata Yuan selama wawancara.

"Namun, karena krisis COVID-19 ini, kami bergerak terlalu cepat," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2020/04/08/170144026/di-tengah-corona-ceo-zoom-masuk-daftar-orang-terkaya-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke