Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 3 Kategori Produk Terlaris di Tokopedia di Tengah Virus Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja online dapat menjadi alternatif untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Sebab, konsumen tidak perlu pergi ke luar rumah untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Belanja cukup dilakukan lewat aplikasi dan barang dikirimkan ke rumah.

Unicorn aplikasi belanja online Tokopedia pun melaporkan jenis-jenis barang yang paling laris dibeli konsumen di tengah virus corona.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, ada tiga kategori produk yang penjualannya meningkat secara signifikan, yaitu kategori kesehatan, keperluan rumah tangga, serta makanan dan minuman.

“(Kategori produk) kesehatan, keperluan rumah tangga, serta makanan dan minuman merupakan tiga kategori produk yang meningkat signifikan selama Maret. Pada kategori perawatan kesehatan dan pribadi misalnya, terjadi kenaikan transaksi hampir 3 kali lipat," ujar Nuraini dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Nuraini menambahkan, produk kesehatan dan pribadi yang paling banyak diincar adalah hand sanitizer, vitamin dan masker.

Nilai penjualan masker di Tokopedia tercatat meningkat 197 kali dibanding bulan-bulan sebelumnya selama Maret 2020. Di sisi lain, ada satu waktu dimana dalam 42 menit, sebanyak 72.000 hand sanitizer terjual habis.

Sementara untuk kategori keperluan rumah tangga, produk paling diburu konsumen mencakup disinfektan, tisu, dan air purifier.

Untuk kategori makanan dan minuman, daging sapi, jahe dan kurma adalah produk yang paling diincar di Tokopedia dan penjualannya meningkat signifikan.

"Lebih dari 100 ton daging sapi terjual di Tokopedia selama bulan Maret 2020. Jumlah jahe yang terjual pun mencapai 60 ton, setara dengan jumlah jahe yang dibutuhkan untuk membuat jamu empon-empon bagi seluruh masyarakat Kota Sukabumi," ungkap Nuraini.


Selain itu, selama pandemi virus corona berlangsung, Nuraini menerangkan, Tokopedia membuka dua kanal berdonasi untuk mengajak masyarakat bersama melawan pandemi, yaitu lewat fitur ‘Bantu Pejuang COVID-19’ dan halaman Checkout Tokopedia.

Sampai akhir Maret 2020, lebih dari 400.000 masyarakat telah berdonasi dan lebih dari Rp 5 miliar donasi terkumpul untuk yang terdampak, terutama para tenaga medis.

Tokopedia juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tanpa harus ke luar rumah lewat bebas ongkir.

"Selama bulan Maret, total jarak pengiriman barang dengan bebas ongkir yang kami berikan yaitu lebih dari 2,5 juta kilometer, setara dengan 63 kali keliling bumi," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/04/09/125644326/ini-3-kategori-produk-terlaris-di-tokopedia-di-tengah-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke