Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Yakin Cadangan Devisa Bakal Meningkat Jadi 125 Miliar Dollar AS

Meningkatkan cadangan devisa pekan depan ditopang oleh penerbitan surat utang negara berdenominasi mata uang asing (global bonds) sebesar 4,3 miliar dollar AS yang telah diumumkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Minggu depan Insya Allah mendekati ke angka sekitar 125 miliar dollar AS. Karena Menkeu mengumumkan penerbitan global bonds 4,3 miliar dollar AS," kata Perry dalam konferensi video, Kamis (9/4/2020).

Jumlah cadangan devisa yang diperkirakan akan terus meningkat ini disinyalir lebih dari cukup untuk membayar impor, membayar utang pemerintah, dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

Adapun saat ini, penerbitan global bonds tengah dalam proses administrasi dan proses settlement. Begitu proses administrasi selesai, penerbitan global bonds akan segera dilaksanakan.

"Begitu selesai, Insya Allah cadangan devisa mendekati angka 125 miliar dollar AS. Insya Allah ke depan juga akan terus membaik," sebut Perry.

Sebelumnya diberitakan, Perry optimistis aliran modal asing (capital inflow) akan kembali masuk ke Indonesia secara bertahap tiap kuartal.

Masuknya aliran modal asing diprediksi makin deras pada kuartal IV seiring dengan meredanya dampak virus corona (Covid-19). Meski, tetap akan fluktuatif pada kuartal II dan sebagian kuartal III 2020.

Di sisi lain, Bank Indonesia memiliki bantalan kedua (second line of defense) seperti Bilateral Currency Swap Agreement (BCSA) dengan beberapa bank sentral dunia dan komitmen dana dari bank sentral AS (The Fed) melalui mekanisme repo line (FIMA) sebesar 60 miliar dollar AS.

Meski repo line tidak bisa menambah cadangan devisa, fasilitas itu bisa digunakan sewaktu-waktu bila terjadi keketatan likuiditas akibat dollar AS yang menguat.

https://money.kompas.com/read/2020/04/09/163427926/bi-yakin-cadangan-devisa-bakal-meningkat-jadi-125-miliar-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke