Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pandemi Corona, UMKM Didorong Produksi Masker Kain

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan Kemenkop dan UKM mendorong pelaku usaha dan Koperasi untuk memproduksi masker kain.

“Kami melihat peluang kapabilitas koperasi dan UMKM untuk memproduksi APD atau alat pelindung diri termasuk masker bagi masyarakat tanpa mengganggu ketersediaan APD bagi tenaga medis,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Oleh karena itu, Menkop UKM terus menyosialisasikan penggunaan masker kain bagi masyarakat.

Teten mengatakan, di tengah kondisi saat ini, hal yang paling utama adalah memastikan kesehatan masyarakat umum agar penyebaran virusnya bisa dicegah. UMKM bisa hadir dalam penyediaan masker kain tersebut, sekaligus membantu perekonomian para pelaku usaha.

Pemerintah dan WHO telah merekomendasikan penggunaan masker untuk siapapun yang berkegiatan di luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain. Untuk itu, Kemenkop UKM mulai mengumpulkan cukup banyak data terkait konveksi dan para UMKM yang memproduksi masker kain.

“Gerakan yang saat ini sedang digalakkan oleh Kemenkop dan UKM adalah #MaskerKainUntukSemua,” katanya.

Gerakan #MaskerKainUntukSemua berupa ajakan yang disuarakan Akun resmi @kemenkopukm kepada warganet untuk ikut menyosialisasikan gerakan ini dengan memposting foto selfie mereka menggunakan masker.

Ia berharap dengan adanya gerakan ini tingkat kepedulian masyarakat terhadap urgensi penggunaan masker kain jadi meningkat.

Teten Masduki juga menegaskan bahwa untuk mengikuti gerakan ini bisa melalui website www.maskeruntuksemua.com & instagram @kemenkopukm.

https://money.kompas.com/read/2020/04/09/190707726/pandemi-corona-umkm-didorong-produksi-masker-kain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke