Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uni Eropa Gelontorkan Rp 8.640 Triliun untuk Paket Penyelamatan Ekonomi

Paket anggaran penyelamatan tersebut bakal digunakan untuk membantu negara-negara kawasan Uni Eropa yang menerima pukulan hebat akibat virus corona.

Dikutip dari BBC, Sabtu (11/4/2020), pimpinan Eurogroup Mario Centeno mengumumkan kesepakatan tersebut usai negosiasi yang berlangsung secara maraton di Brussel, Ibu kota Belgia.

Mario menjelaskan, keputusan terkait anggaran penyelamatan tersebut diambil ketika Perdana Menteri Spanyol menyatakan negaranya bakal mengalami kondisi terburuk akibat virus corona.

Pasalnya, negara tersebut mencatatkan angka tertinggi terkait dampak Corona di Eropa. Sejauh ini kasus terkonfirmasi virus corona yang mencapai 152.446 orang dan angka kematian yang mencapai 15.000 jiwa.

Pimpinan Dana Moneter Internasional (IMF) Krtsitalina Georgiva telah memeringatkan, perekonomian dunia tengah menghadapi krisis terburuk sejak Depresi Besar di tahun 1930an.

Georgiva mengatakan, pandemik virus corona bakal membuat pertumbuhan ekonomi dunia terperosok dalam tahun ini.

Namun demikian, berdasarkan hasil negosiasi tersebut, para menteri Uni Eropa gagal untuk mencapai kesekapatan untuk menerbitkan obligasi virus corona yang diusulkan oleh Prancis dan Italia.

Tadinya, penerbitan obligasi tersebut dimaksudkan untuk menjadi sumber pembiayaan krisis.

Selain itu, besaran paket anggaran penyelamatan yang berhasil disepakati pun lebih kecil dari yang diusulkan oleh Bank Sentral Eropa, yaitu sebesar 1,5 triliun euro.

Meski, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire memuji perjanjian itu sebagai rencana ekonomi terpenting dalam sejarah UE.

"Eropa telah memutuskan dan siap untuk menghadapi gentingnya krisis," ujar dia melalui akun Twitternya.

Komponen utama dari rencana penyelamatan melibatkan Mekanisme Stabilitas Eropa, atau dana bailout Uni Eropa. Alokasi anggaran tersebut sebesar 240 miliar euro dan akan tersedia untuk negara-negara yang berada di bawah tekanan utang.

Para menteri Uni Eropa juga menyetujui langkah-langkah lain termasuk 200 miliar euro berupa jaminan dari Bank Investasi Eropa dan proyek Komisi Eropa untuk skema kerja jangka pendek nasional.

https://money.kompas.com/read/2020/04/11/090000426/uni-eropa-gelontorkan-rp-8.640-triliun-untuk-paket-penyelamatan-ekonomi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke