Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Carter Boeing 777-300ER, Tanoto Foundation Kembali Datangkan APD Seberat 30 Ton

APD tersebut didatangkan Tanoto Foundation dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300ER yang dicarter dari Garuda Indonesia.

Pesawat tersebut mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (13/4/2020) dengan membawa lebih dari 30 ton APD yang terdiri dari masker, baju pelindung ICU dan non-ICU, serta kacamata.

Bantuan yang baru tiba tersebut merupakan bagian dari komitmen Tanoto Foundation dalam mendukung tenaga medis Indonesia memerangi Covid-19, dalam bentuk 1 juta masker, 1 juta sarung tangan, 3.000 kacamata dan 100.000 baju pelindung ICU dan non-ICU.

CEO Global Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo menuturkan pemberian bantuan ini adalah langkah nyata Tanoto Foundation untuk mempercepat distribusi APD agar segera dipakai oleh tenaga kesehatan.

"Kami berharap para pahlawan kesehatan Indonesia ini lebih cepat terbantu sehingga bisa bekerja maksimal dalam menjalankan tugas, sekaligus bisa melindungi diri dari risiko penularan Covid-19,” kata Satrijo dalam keterangan resmi, Senin (13/4/2020).

Satrijo juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait di antaranya BNPB, Kementerian Perhubungan, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, hingga Bea Cukai sehingga APD yang didatangkan langsung dari Tiongkok tersebut bisa segera diserahkan ke pemerintah melalui Gugus Tugas Covid-19.

Sebelumnya gelombang pertama dan kedua yang diangkut pesawat carter khusus tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada Kamis (2/4/2020) dan Jumat (3/4/2020).

Dengan datangnya bantuan APD gelobang ketiga tersebut, komitmen Tanoto Foundation kepada BNPB untuk mendatangkan APD telah terpenuhi hampir seluruhnya. Sementara itu masker yang belum terangkut akan dikirim melalui jasa pengiriman udara dan diperkirakan tiba pekan depan.

Untuk mempercepat kedatangan APD tersebut dari Tiongkok sampai ke Indonesia, Tanoto Foundation mengutus tim relawan (yang merupakan gabungan karyawan) Tanoto Foundation dan RGE dalam misi kemanusiaan untuk menjemput secara langsung dan menyewa pesawat khusus sampai dengan tiga kali perjalanan pulang-pergi.

Hal ini mendesak dilakukan mengingat kendala supply chain dari sisi transportasi dan pengiriman kargo yang sangat terbatas.

https://money.kompas.com/read/2020/04/13/205942126/carter-boeing-777-300er-tanoto-foundation-kembali-datangkan-apd-seberat-30-ton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke