Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MTI: 1,3 Juta Masyarakat Tetap Berpotensi Mudik, Jawa Tengah Jadi Tujuan Utama

Ketua Umum MTI Agus Mulyono mengatakan, pemudik yang berasal dari wilayah Jabodetabek tersebut, utamanya akan menuju Provinsi Jawa Tengah dan berbagai provinsi di Pulau Jawa lain.

"Ada 1,3 juta warga dianggap ada potensi mudik. Kemana mereka menyebar, Jawa Barat 13 persen, Jawa Tengah 33 persen, DIY 7,8 persen, Jawa Timur 20 persen," tutur Agus dalam video conference, Selasa (14/4/2020).

Selain Pulau Jawa, Sumatera disebut juga akan menjadi tujuan utama bagi para pemudik. Lampung Selatan dan Lampung diproyeksi akan menampung 8 persen dari total potensi pemudik tersebut.

Agus menjelaskan, angka pemudik tersebut lebih rendah dari jumlah masyarakat yang belum mudik dalam data Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yakni sebesar 2,6 juta orang.

Menurutnya, jumlah masyarakat yang berpotensi nekat mudik tersebut berkurang setelah Presiden Jokowi mengeluarkan instruksi larangan mudik bagi ASN, TNI, Polri, dan pegawai BUMN dan BUMD.

Lebih lanjut, Agus meminta kepada pemerintah daerah untuk mengantisipasi pelaksanaan mudik 1,3 juta warga tersebut.

Apabila terlambat, daerah yang didatangi oleh warga dari Jabodetabek khususnya, akan menambah jumlah orang dalam pantauan (ODP).

"Ini berpotensi menjadi daerah penularan wabah baru apabila mudik ini tidak bisa ditangani oleh pemerintah dan kita semua," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2020/04/14/144343126/mti-13-juta-masyarakat-tetap-berpotensi-mudik-jawa-tengah-jadi-tujuan-utama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke