Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

38,84 Juta Orang Sudah Isi Sensus Penduduk Online, Kamu Sudah?

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pengisian Sensus Penduduk 2020 (SP2020) secara online sudah tembus 38,84 juta orang.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, banyaknya partisipasi masyarakat dari waktu ke waktu merupakan perkembangan yang menggembirakan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Perkembangannya cukup menggembirakan. Sampai kemarin jumlah penduduk RI yang berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk online adalah 38,84 juta orang," kata Suhariyanto dalam konferensi video, Rabu (15/4/2020).

Suhariyanto mengatakan, aktifnya partisipasi masyarakat mengisi sensus memang sempat membuat laman resmi BPS untuk Sensus Penduduk down. Dia pun meminta maaf atas kejadian tersebut.

"Pada akhir penutupan traffic-nya sangat tinggi karena banyak sekali yang mengakses online. Untuk itu saya ucapkan terima kasih dan minta maaf karena hari terakhir sampai susah masuk. Tapi sekarang kita perluas bandwidth-nya," ujar dia.

Karena sensus penduduk telah diperpanjang hingga 31 Mei 2020 mengingat wabah virus corona belum reda, pihaknya pun kembali mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mencatatkan diri di SP2020 online.

"Bagi yang belum (melakukan pencatatan), saya mengimbau mari sama-sama mencatat Indonesia di rumah saja," ajak Suhariyanto.

Sebelumnya diberitakan, BPS memperpanjang masa pengisian Sensus Penduduk Online atau SP2020 hingga Mei 2020.

Adapun hingga Maret 2020, sudah ada 32,4 juta masyarakat atau 12,5 persen dari total penduduk yang telah berpartisipasi.

Untuk bisa berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020, syarat yang dibutuhkan yakni nomor KTP dan KK. Sensus Penduduk Online hanya dapat diakses melalui http://sensus.bps.go.id.

Kemudian, setidaknya ada 22 pertanyaan yang bisa diisi secara online atau ditanyakan oleh petugas sensus jika dilakukan secara offline.

https://money.kompas.com/read/2020/04/15/143908326/3884-juta-orang-sudah-isi-sensus-penduduk-online-kamu-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke