Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenparekraf, Kemenperin, dan Tokopedia Dukung Industri Kopi Lokal

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Tokopedia, menginisiasi kampanye dukungan terhadap industri kopi lokal.

Kampanye ini juga diharapkan dapat mendorong roda perekonomian tetap bergerak di tengah pagebluk virus corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, hal ini dilakukan karena warung kopi lokal sepi pengunjung hingga terpaksa tutup akibat virus corona.

“Di situasi seperti sekarang ini, kita harus dapat menciptakan ekosistem yang kondusif untuk mendukung industri kopi lokal agar produk lokal dapat menjadi pemimpin di pasar kita sendiri," kata Wishnutama dalam keterangan resmi, Senin (20/4/2020).

"Banyak aspek yang harus kita perkuat untuk dapat memastikan produk-produk lokal bertahan dan berkompetisi di era sekarang ini, sekaligus untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, penting sekali agar seluruh pihak dapat menyatukan upaya, baik pemerintah, pelaku industri, perusahaan teknologi, dan masyarakat.

"Kampanye #SatuDalamKopi ini adalah contoh nyata bagaimana kita bersama dapat ambil bagian untuk mendorong pemasaran produk kopi lokal melalui kafe, warung kopi dan masyarakat luas yang pada gilirannya akan berdampak pada geliat industri kopi di daerah dan seluruh rantai penawarannya sehingga kegiatan ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi," terang Agus.

Ia juga menyebut, saat ini terdapat 1.204 industri kecil dan menengah (IKM) pelaku usaha kopi yang mengolah biji kopi lokal dari para petani di berbagai daerah di Indonesia.

Adapun CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya menyabut, kampanye ini sejalan dengan salah satu prioritas utama Tokopedia pada kampanye #JagaEkonomiIndonesia.

Pihaknya ingin terus mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia dan memastikan lapangan pekerjaan agar tetap terjaga.


“Inisiatif bersama dengan pemerintah dan pelaku industri kopi lokal ini sejalan dengan salah satu prioritas utama Tokopedia pada kampanye #JagaEkonomiIndonesia untuk terus mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia dan memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga dengan memungkinkan para pebisnis lokal dapat terus berbisnis lewat Tokopedia. Selain itu, kami juga berkomitmen untuk memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah," jelasnya.

Wiliam juga mengatakan, kampanye nasional ini diadakan pada 20-26 April 2020 di Tokopedia dan akan melibatkan hampir 1.000 pelaku industri kopi dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia.


https://money.kompas.com/read/2020/04/20/180300726/kemenparekraf-kemenperin-dan-tokopedia-dukung-industri-kopi-lokal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke