Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil East Ventures, Perusahaan di Balik Meroketnya Bisnis Ruangguru

JAKARTA, KOMPAS.com -Ruangguru tengah jadi sorotan lantaran perusahaan startup ini terkait dengan mantan stafsus milenial Presiden Joko Widodo (Jokowi), Adamas Belva Syah Devara. Ruangguru lewat Skill Academy, menjadi salah satu mitra penyelenggara pelatihan online Kartu Prakerja 2020.

Dikutip dari Kontan, Rabu (22/4/2020), Ruangguru dimiliki PT Ruang Raya Indonesia, sebuah perusahaan penanaman modal asing (PMA) asal Singapura, Ruangguru Pte Ltd. Perusahaan tersebut tercatat beralamat di 6 Battery Road #38-04, Singapura, 049909.

Berdasarkan data profil perusahaan dari Administrasi Hukum Umum (AHU) dari Kementerian Hukum dan HAM, Ruangguru Pte Ltd menjadi pengendali saham PT Ruang Raya Indonesia dengan kepemilikan 99,99 persen saham.

Masih menurut data AHU Kemenkumham, nama Belva Devara malah tak masuk dalam daftar pemilik saham di PT Ruang Raya Indonesia.

Perkembangan pesat dan meroketnya bisnis Ruangguru tak bisa dilepaskan dari East Ventures. Perusahaan modal ventura yang mendanai sejumlah startup besar di Asia Tenggara.

Di Singapura, perusahaan tersebut memiliki kantor di Marina Bay Financial Centre Tower 3, #31-01A, 12 Marina Boulevard, Singapore 018982. Sementara di Indonesia, East Ventures menempati kantor di Menara BTPN, 47th Floor, CBD Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Dikutip dari laman resminya, perusahaan ini mencantumkan Ruangguru sebagai salah satu portofolio investasinya. Ruangguru sendiri sempat mendapatkan suntikanan dana besar dari East Ventures pada tahun 2014, meski tak perusahaan tak menyebutkan besaran nilainya.

Sementara itu mengutip Tech in Asia yang dipublikasikan di laman resminya, East Ventures lewat perusahaan afiliasinya di Indonesia, Venture Capital, sempat meningkatkan suntikan modalnya lewat pendanaan seri A pada Desember 2015 di Ruangguru.

Kehadiran East Ventures di Ruangguru bisa dilihat dari daftar komisaris perusahaan yang tercatat. Posisi komisaris di PT Ruang Guru Raya ditempati oleh tiga orang. Salah satunya adalah Willson Cuaca yang menjabat komisaris utama.

Nama Willson Cuaca terbilang tidak asing di dunia startup. Dia merupakan pendiri dan managing partner East Ventures. Bersama Batara Eto dan Taiga Matsuyama, Willson mendirikan East Ventures tahun 2009.

Selain Ruangguru, beberapa startup lain yang jadi portofolio East Ventures antara lain Mekari, Sayurbox, Lemonilo, Traveloka, Tokopedia, Kudo, Katadata, hingga minuman kopi kekinian Fore.


Di Fore Coffee contohnya, East Ventures menanamkan modal cukup besar. Fore Coffee kembali mendapat suntikan investasi lanjutan dari East Ventures dan sejumlah pemodal ventura serta angel investor. Para pemilik modal itu di antaranya SMDV, Pavilion Capital, Agaeti Venture Capital, dan Insignia Ventures Partners.

Nilai investasinya diperkirakan 8,5 juta dollar AS. Dana ini digunakan untuk mempercepat inovasi penjualan dalam jaringan ke luar jaringan dan belanja mesin teknologi kopi.

Dana tersebut digunakan untuk pengembangan gerai Fore Coffee juga dilakukan tanpa konsep waralaba. Lokasi gerai tersebar di Jabodetabek.

Diberitakan Harian Kompas, 23 Maret 2018, East Ventures juga membentuk usaha ventura patungan dengan SMDV yang dimiliki Sinar Mas Group dengan mendirikan EV Growth.

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengemukakan, ASEAN kini memiliki enam perusahaan rintisan bidang teknologi yang masing-masing memiliki nilai valuasi sampai 1 miliar dollar AS atau usaha rintisan unicorn.

Empat di antaranya berasal dari Indonesia, yakni Traveloka, Tokopedia, Go-Jek, dan Bukalapak. EV Growth menargetkan pengumpulan dana 150 juta dollar AS. Saat ini, ketiga perusahaan modal ventura yang terlibat telah menghimpun 100 juta dollar AS.

East Ventures diketahui telah berinvestasi ke lebih dari 160 perusahaan rintisan bidang teknologi tahap awal pertumbuhan. Dua di antaranya telah menjadi perusahaan bervaluasi hingga satu miliar dollar AS, yaitu Traveloka dan Tokopedia.

https://money.kompas.com/read/2020/04/22/134614126/profil-east-ventures-perusahaan-di-balik-meroketnya-bisnis-ruangguru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke