Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Hari Pertama Larangan Mudik, Masih Ada yang Kurang

Tempat yang ia datangi mulai dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah 1 Soekarno Hatta, lokasi penyekatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek hingga ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

“Saya datang untuk melihat hari pertama pelaksanaan penyekatan ini. Orang yang pergi kerja masih tetap dari Jakarta ke luar, masih bisa diatur. Jadi yang dihambat adalah orang-orang yang mau mudik, mereka disuruh kembali ke Jakarta," kata Luhut melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (24/4/2020).

"Jadi saya kira hari pertama pelaksanaannya di sana-sini masih ada yang kurang tapi besok sore kami akan evaluasi,” sambungnya.

Lebih lanjut, Luhut menyabut setelah dilakukan survei, 90 persen masyarakat sudah mengetahui tentang kebijakan larangan mudik yang diberlakukan di daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan zona merah.

“Kami lihat dulu sekarang secara bertahap. Sanksi kan sudah dikerjakan tadi, disuruh balik itu kan sanksi,” kata dia.

Luhut mengingatkan, terdapat tiga kunci utama yang harus secara disiplin dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona, yaitu jaga jarak, menggunakan masker serta rajin mencuci tangan.

“Pemerintah tidak mau rakyatnya susah. Kalau kita disiplin maka penyebaran Covid ini akan berkurang dan berhenti. Empat hari terakhir ini data di DKI membaik semua. Itu satu hal yg bagus, maka PSBB ini bisa lebih cepat dari yang kita rencanakan," katanya.

"Berarti nanti kita bisa lagi berdagang, jalan-jalan, bisa lagi kemana-mana. Jadi ayo kita bersama-sama membuat Indonesia ini lebih aman,” ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2020/04/24/203000126/luhut--hari-pertama-larangan-mudik-masih-ada-yang-kurang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke