Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Bos Garuda soal Sewa Pesawat yang Terlalu Mahal

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menilai harga sewa pesawat yang diterima saat ini lebih mahal ketimbang pada umumnya. Oleh karenanya, ia berencana melakukan diskusi dengan lessor terkait rencana renegoisasi kontrak sewa pesawat.

"Kondisi Covid-19 memungkinkan kita rekonstruksi sewa menyewa pesawat ini. Kita menenggarai bahwa harga sewa kita terlalu tinggi," ujarnya dalam rapat dengar pendapat virtual Komisi VI DPR RI, Rabu (29/4/2020).

Lebih lanjut, Irfan menyebutkan salah satu contoh jenis pesawat yang membebani anggaran keuangan Garuda adalah Boeing 777. Setiap bulannya Garuda harus membayar sewa sebesar 1,6 juta dollar AS  atau setara Rp 25 miliar (asumsi kurs Rp 15.500).

Padahal, harga sewa pesawat Boeing 777 di pasaran saat ini ialah 800.000 dollar AS per unit setiap bulannya.

"Kita punya 10 unit, jadi basically bayar 2 kali lipat dari harga market," katanya.

Selain itu, Irfan juga berencana mengembalikan unit pesawat jenis Bombardier CJR-100 yang sudah tidak bisa terbang lagi dan saat ini hanya dikandangkan saja atau grounded.

Untuk mengandangkan pesawat jenis tersebut, Garuda perlu mengeluarkan biaya sebesar 50 juta dollar AS setiap tahunnya.

"Ini waktu terbaik negosiasi sewa pesawat kita, kita minta pesawat tersebut diambil aja. Kita punya fleet dan konfigurasi lebih pas," tutur Irfan.

Langkah-langkah renegoisasi dilakukan oleh Garuda guna menyiasasti pembayaran utang sebesar 500 juta dollar AS yang akan jatuh tempo pada Juni 2020.

"Kita mau relaksasi keuangan, karena kita ini punya sedikit masalah, Juni ini jatuh tempo 500 juta dollar AS," ucap Irfan.

https://money.kompas.com/read/2020/04/29/143500126/cerita-bos-garuda-soal-sewa-pesawat-yang-terlalu-mahal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke