Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Depan, Pemerintah Fokus Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial

Menteri PPN atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, fokus tersebut diusung agar dapat mengejar target-target pemerintah yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Tema RKP 2021 adalah mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dengan fokus pada pemulihan industri pariwisata, investasi, reformasi sistem kesehatan nasional, reformasi sistem jaringan pengaman sosial, dan reformasi sistem ketahanan bencana," tuturnya saat membuka Musrebangnas 2020 secara virtual, Kamis (30/4/2020).

Suharso mengakui, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan terhadap target-target RPJMN 2020-2024.

Pasalnya, target ekonomi tahun ini diyakini akan meleset diakibatkan munculnya pandemi Covid-19.

"Dampak lainnya yaitu berkurangnya pembiayaan pembangunan di tahun 2020 akibat pengalihan pembangunan penanganan Covid-19," katanya.

Oleh karenanya, dalam RKP 2021 Bappenas mengambil 7 program prioritas nasional yang juga tercakup dalam agenda pembangunan RPJMN 2020-2024.

Ketujuh program prioritas itu adalah, pengembangan wilayah, peningkatan sumber daya manusia, peningkatan revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, penguatan infrastruktur, pembangunan lingkungan hidup, ketahanan bencana dan perubahan iklim dan stabilitas polhukam, dan transformasi pelayanan publik.

"7 prioritas nasional tersebut akan mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi sosial yang terpadu dan terintegrasi sesuai dengan RKP 2021," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/04/30/141100226/tahun-depan-pemerintah-fokus-pemulihan-ekonomi-dan-reformasi-sosial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke