Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbas Corona, Jumlah Iklan Lowongan Kerja Anjlok 75 Persen di April 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, terjadi penurunan jumlah iklan lowongan kerja dari situs pencarian kerja populer Jobs.id sepanjang Januari hingga April 2020.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan penurunan jumlah iklan lowongan kerja dan jumlah perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja paling tajam terjadi di April tahun ini.

"Jumlah perusahaan yang pasang iklan lowongan kerja turun 50 persen bahkan jumlah iklan lowongan yang ditawarkan turun 75 persen," ujar Suhariyanto ketika memberikan paparan kepada Komisi XI DPR RI, Kamis (30/4/2020).

"Dari sisi perusahaan kelihatan sekali jumlah lowongan kerja turun sekali," ujar Suhariyanto.

Lebih rinci dijelaskan, jumlah iklan lowongan kerja pada April hanya mencapai 2.439 lowongan, merosot tajam jika dibandingkan dengan periode Maret 2020 yang mencapai 11.090 lowongan.

Sementara untuk perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja, pada periode Maret terdapat 502 perusahaan dan April hanya 235 perusahaan.

Jika dilihat berdasarkan sektor, Suhariyanto menjelaskan pergerakan jumlah penurunan lowongan kerja paling terlihat di sektor akomodasi, makanan dan minuman, perdagangan, dan industri pengolahan.

"Jadi pergerakan di sektor ini menjadi kunci penting, mana-mana yang perlu kita intervensi supaya nantinya terjadi recovery yang sangat cepat," ujar dia.

Suhariyanto pun menjelaskan, BPS hanya merilis angka tingkat pengangguran untuk dua bulan, yaitu di bulan Februari dan Agustus.

Data pengangguran untuk bulan Februari masih dalam proses pengolahan, namun demikian belum menunjukkan dampak Covid-19 secara keseluruhan.

"Sementara untuk posisi Agustus sebesara besar pengangguran akan meningkat dan sangat bergantung pada keberhasilan penanganan Covid-19," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2020/04/30/154200026/imbas-corona-jumlah-iklan-lowongan-kerja-anjlok-75-persen-di-april-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke