Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Jenis Ketakutan Karyawan di Tempat Kerja dan Solusinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap karyawan umumnya pasti memiliki rasa takut terhadap sesuatu yang berkaitan erat dengan pekerjaannya.

Rasa takut atau kecemasan ini beragam, misalnya takut performa kerja menurun, takut pekerjaan tidak selesai sesuai deadline, bahkan tidak mendapat THR (Tunjuangan Hari Raya), dan lain sebagainya.

Sebenarnya, rasa takut itu wajar dan sah-sah saja. Namun, jangan biarkan perasaan Anda diselimuti rasa takut yang berlebihan.

Efeknya tidak sehat untuk diri sendiri, performa kerja dan perkembangan karier di masa depan.

Oleh sebab itu, marilah kita kenali dulu apa saja jenis ketakutan yang sering dialami banyak karyawan di dunia kerja saat ini? Serta bagaimana solusi mengatasi rasa takut tersebut?

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (3/5/2020).

1. Takut menghadapi atasan

Apa Anda merasa segan berhadapan dengan atasan? Tenang, hal ini wajar terjadi.

Apalagi jika atasan Anda memiliki karakter seperti perfeksionis atau galak. Hal ini tak bisa dihindari terus menerus.

Selama Anda masih bekerja di perusahaan yang sama, otomatis akan sering bertemu dan berkomunikasi untuk berbagai urusan pekerjaan.

Solusinya, belajar untuk berpikiran terbuka. Pelajari cara komunikasi yang baik, jelas dan sopan dengan atasan Anda.

Kurangi rasa takut berlebihan, pupuk rasa percaya diri Anda di tempat bekerja. Biar aman, pastikan Anda selalu selesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

2. Takut tidak bisa selesaikan tugas

Tiba-tiba Anda mendapat tugas yang lebih rumit daripada tugas sebelumnya. Muncul kecemasan bahwa Anda tak sanggup menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu.

Well, stop thinking negative, jangan menyerah atau kompain dulu tapi coba dikerjakan.


Sebagai karyawan, Anda tak perlu takut dengan tugas-tugas kantor yang berjibun atau sulit. Solusinya, bangun rasa percaya diri bahwa Anda mampu dan susun manajemen waktu.

Ingat, bisa jadi tugas tersebut merupakan tes buat Anda untuk naik level ke tingkatan karir yang lebih tinggi.

3. Takut mengemukakan pendapat

Apa Anda pernah mengalami perasaan takut salah ngomong dan gugup ketika diminta menyampaikan pendapat saat meeting atau acara kantor?

Hal ini cukup wajar, tapi tak bisa terus dibiarkan agar perkembangan karier tidak terhambat.

Solusinya, coba bangun rasa percaya diri secara bertahap. Pelajari teknik berkomunikasi yang baik agar tidak gugup.

Perkaya ilmu pengetahuan sesuai industri yang digeluti saat ini. Misalnya, ikutan kursus online buat meningkatkan kemampuan dan menambah wawasan.

Jadi, suatu saat ketika Anda diminta memberikan pendapat atau feedback, Anda sudah siap.

4. Takut memulai hal-hal baru

Terlalu lama di zona nyaman memang tidak baik untuk perkembangan karier. Cepat atau lambat, Anda akan merasa tidak bahagia dan bosan karena sudah terbiasa dengan rutinitas pekerjaan.

Solusinya, pupuk sikap berani dan mulailah melirik belajar hal-hal baru. Misalnya, ambil sekolah lagi atau ikutan kursus online untuk memperluas kemampuan Anda secara profesional.

Miliki target untuk menambah ilmu soft dan hard skills supaya karier semakin maju.

5. Takut menerima kritik

Apa Anda merasa takut menerima kritik dari atasan atau teman kantor? Padahal, Anda merasa sudah bekerja dengan baik. Tapi masih saja dikritik terus-terusan.


Nah, soal ini Anda enggak perlu baper ya! Selama kita bekerja, kritik akan selalu ada sebab setiap orang memiliki standar kriteria sendiri terkait performa kinerja orang lain.

Solusinya, kurangi rasa takut dan rasa baper ketika menerima kritik dan saran. Cukup terima dan dengarkan dengan hati lapang, ikhlas dan perasaan positif.

Jadikan kritik dan saran tersebut sebagai motivasi dan refleksi untuk memperbaiki diri dan karir Anda.

6. Takut karier stagnan

Banyak yang mengalami ketakutan akan hal ini setelah menghabiskan beberapa tahun bekerja di perusahaan yang sama. Umumnya, karier senantiasa naik seiring dengan meningkatnya performa dan kontribusi kepada perusahaan.

Solusinya, ketimbang terus-menerus merasa takut, lebih baik lakukan yang terbaik. Cobalah berkomunikasi dengan atasan terkait atas kekhawatiran Anda.

Tanyakan dengan sopan tentang kesempatan untuk bisa berkontribusi lebih kepada kemajuan perusahaan dan siapkan diri Anda sebaiknya untuk tantangan karier tersebut.

7. Takut kena PHK

Ketika ekonomi berada dalam masa sulit, otomatis akan timbul ketakutan terkena PHK. Seperti halnya kondisi pandemi virus corona, kini sudah banyak perusahaan terpaksa tutup sementara waktu.

Menyoal PHK, daripada takut akan hal yang notabene belum terjadi pada Anda. Sebaiknya Anda bersiap dengan cara tetap bekerja dengan sebaik-baiknya.

Jangan lupa perbanyak berdoa agar kondisi kembali normal dan tidak terkena PHK. Sebagai antisipasi, mulailah mencari penghasilan tambahan agar keuangan Anda tetap sehat.

Stop Takut, Lakukan yang Terbaik

Selain jenis-jenis ketakutan yang telah dijelaskan di atas, mungkin masih banyak ketakutan lainnya. Apapun jenis ketakutan itu, berhentilah!

Hindari terus menerus berpikir negatif. Ubah pelan-pelan kebiasaan berpikir buruk tentang karier dan diri Anda, gantilah dengan hal-hal yang baik.

Miliki semangat baik, perbanyak bersyukur agar pekerjaan dan hidup Anda senantiasa lancar.

Artikel ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Cermati.com. Isi sepenuhnya menjadi tanggung jawab Cermati.com.

https://money.kompas.com/read/2020/05/03/182800626/7-jenis-ketakutan-karyawan-di-tempat-kerja-dan-solusinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke