Salin Artikel

IHPB Naik 0,08 Persen Pada April, Tertinggi di Pertambangan dan Penggalian

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, kenaikan IHPB tertinggi terjadi pada Sektor Pertambangan dan Penggalian sebesar 0,91 persen. Sementara di industri pertanian terjadi deflasi sebesar 0,71 persen.

"Perubahan IHPB di tahun kalender 2020 adalah sebesar 0,71 persen dan perubahan IHPB tahun ke tahun sebesar 1,59 persen," kata Suhariyanto dalam konferensi video, Senin (4/5/2020).

Dia menyebut, beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada April 2020 antara lain, kacang kedelai, bawang merah, jahe, minyak goreng, gula pasir, dan emas batangan

"Sementara yang mengalami penurunan harga di sektor pertanian adalah daging ayam ras, telur, karet, bawang putih, dan sebagainya," sebut Kecuk.

Di sisi lain, IHPB Bahan Bangunan alias sektor Konstruksi pada April 2020 naik sebesar 0,23 persen terhadap bulan sebelumnya.

Hal ini, kata Kecuk, disebabkan oleh kenaikan harga komoditas aspal, rangka atap baja, besi konstruksi bangunan, pasir, dan besi beton.

Inflasi terjadi di semua kelompok bangunan mulai dari bangunan tempat tinggal, dan bukan tempat tinggal, bangunan pekerjaan umum sampai dengan bangunan lainnya.

"Tapi kalau dilihat inflasi IHPB konstruksi secara tahunan, masih menunjukkan deflasi. Jadi nampaknya permintaan kepada berbagai barang konstruksi ini sangat landai sehingga IHPB konstruksi deflasi 0,68 persen," pungkas Suhariyanto.

https://money.kompas.com/read/2020/05/04/140811926/ihpb-naik-008-persen-pada-april-tertinggi-di-pertambangan-dan-penggalian

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.