Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat Kadin, Sampoerna Sumbang Rp 5 Miliar untuk Penanganan Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) memberikan bantuan sebesar Rp 5 miliar untuk pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Donasi ini disalurkan melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia. Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Direktur Sampoerna Elvira Lianita kepada Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani di Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Bantuan ini akan diberikan kepada Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), khususnya rumah sakit-rumah sakit di Jawa Timur.

Bantuan yang diberikan berupa alat-alat kesehatan, seperti masker bedah, masker N95, alat uji cepat (rapid test) Covid-19, baju hazmat, cairan disinfektan, dan alat penyemprot disinfektan.

"Komitmen Sampoerna yang tercermin dalam Falsafah Tiga Tangan diwujudkan melalui upaya perusahaan untuk saling membantu dan memberikan kontribusi positif terhadap karyawan dan mitra usaha, konsumen dewasa, serta masyarakat luas, baik di tingkat nasional maupun daerah," kata Elvira dalam keterangan tertulis.

Elvira mengungkapkan, sebelumnya Sampoerna juga telah bekerja sama dengan mitra CSR, Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dan pemerintah daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Bali dalam menekan penyebaran virus corona.

Ini antara lain dengan membangun unit fasilitas cuci tangan, mendistribusikan alat pelindung diri (masker medis dan non-medis, serta baju hazmat), menyediakan alat semprot dan cairan disinfektan, membagikan cairan antiseptik tangan, serta mendistribusikan bahan pangan kepada masyarakat.

"Total kontribusi saat ini berikut dengan donasi melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin adalah Rp 18 miliar," ungkap Elvira.

Elvira menyampaikan, Sampoerna juga turut mendukung 120.000 toko kelontong yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC) di seluruh Indonesia dengan memberikan 650.000 masker kain dan sekitar 80.000 liter cairan antiseptik tangan.

Sampoerna juga memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan seperti pembuatan pembatas kasir dan juga pengaturan jarak antrian.

Adapun Rosan menyatakan, saat ini kelengkapan operasional untuk para tenaga kesehatan sangatlah penting.

“Kondisinya sekarang ini masih belum begitu membaik. Untuk itu dibutuhkan kerja sama dari semua pihak termasuk pemerintah dan juga sektor swasta untuk dapat menangani pandemi ini. Maka itu, segala bentuk donasi untuk operasional mereka di lapangan akan sangat membantu,” ungkapnya.

Rosan menyebut, bantuan ini akan diberikan kepada Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), khususnya rumah sakit-rumah sakit di wilayah Jawa Timur.

https://money.kompas.com/read/2020/05/09/041553926/lewat-kadin-sampoerna-sumbang-rp-5-miliar-untuk-penanganan-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke