Salin Artikel

Imbas Virus Corona, UMKM Berpotensi Alami Masalah Hukum

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Menteri Koperasi dan UMKM Rully Indrawan mengatakan, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berpotensi mengalami masalah hukum sebagai akibat pagebluk virus corona.

Meski demikian, hingga saat ini Kementerian Koperasi dan UKM belum mendapatkan laporan terkait masalah hukum yang dialami pelaku UMKM.

Namun begitu, tidak menutup kemungkinan masalah tersebut bisa terjadi.

"Misalnya saja karena pandemi ini ada jadwal-jadwal yang mundur 1 sampai 2 bulan, lalu bagaiaman nasib Down Payment (DP) yang sudah masuk. Ini bisa dipertanyakan," ujar Rully dalam konferensi video di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Ia menyebutkan dari total koperasi dan pelaku UMKM, sebanyak 35 persen di antaranya mengeluhkan berbagai masalah, seperti sulitnya bahan baku yang didapat, penurunan jumlah omzet, hingga menurunnya jumlah permintaan.

Sementara itu, Direktur Konten dan Pemberitaan Hukum Online Amrie Hakim menyebutkan ada beberapa masalah hukum yang berpotensi dirasakan oleh para pelaku UMKM.

"Misalnya saja masalah ketenagakerjaan, utang-piutang ataupun masalah pemenuhan kontrak bisa terjadi," katanya.

Oleh sebab itu, Amrie mengatakan apabila masyarakat atau pelaku UMKM membutuhkan konsultasi kepada para advokat Indonesia dapat mengaksesnya secara gratis melalui layanan yang diberikan pihaknya.

"Melalui layanan itu masyarakat atau pelaku UMKM bisa mendapatkan arahan atau advice terkait layanan hukum yang dibutuhkan nantinya dan ini gratis," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2020/05/11/181100726/imbas-virus-corona-umkm-berpotensi-alami-masalah-hukum

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.