Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chatib Basri Usulkan Pemerintah Buat Beberapa Skenario Pemulihan Ekonomi

Ekonom Senior Chatib Basri mengatakan, pemerintah dalam membuat skenario hendaknya perlu membuat berbagai opsi. Perlu diperhitungkan pula skenario yang mungkin terjadi bila Covid-19 belum mereda hingga Desember 2020.

"Ada begitu banyak variabel yang enggak bisa kita kontrol. Variabel yang paling penting yang kita enggak pernah tahu adalah berapa lama (Covid-19 ada). Jadi yang paling baik adalah skenarionya itu dibuat beberapa (opsi)," kata Chatib Basri dalam konferensi video, Selasa (12/5/2020).

Menteri Keuangan era Presiden SBY ini menuturkan, jika benar beberapa kegiatan ekonomi bisa kembali beroperasi pada Juni, dia percaya pemulihan ekonomi bisa berbentuk V (V shape).

Jika pandemi terjadi sampai September, Chatib memprediksi mungkin konsolidasi ekonomi membutuhkan waktu hingga 6-8 bulan. Artinya, pemulihan akan terjadi pada semester I-2021.

"Kalau sampai Desember, maka mungkin itu baru terjadi di second half (semester II-2020). Jadi kita mungkin perlu membuat skenario itu. Kalau sampai Desember itu bagaimana?," ujar Chatib.

Namun dia menekankan, kondisi ekonomi RI saat ini berbeda dengan fase krisis tahun 1998. Fundamental ekonomi dianggap lebih terarah dan kuat dibanding saat krisis tahun 1998. Artinya pemulihan ekonomi akan terjadi lebih cepat bila pengaruh Covid-19 tak berkepanjangan.


"Ini berbeda dari tahun 1998. 1998 itu home ground but not home alone. Ground kita memang lemah pada waktu itu, bankingnya rusak, riil sektor rusak. Tapi sekarang kita masih optimis, semuanya. Yang saya khawatirkan itu kalau berkepanjangan, akan berpengaruh pada fundamental kita," sebut Chatib.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Perekonomian menyampaikan, pemerintah telah membuat kajian awal dalam menentukan kebijakan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

Fase pertama, membuka kembali operasional industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B), dengan tetap menerapkan social distancing dilakukan pada 1 Juni 2020.

Di fase kedua, pemerintah memperbolehkan toko, pasar, dan mall beroperasi kembali pada 8 Juni 2020. Kemudian di fase ketiga tanggal 15 Juni, tempat-tempat kebudayaan dan sekolah mulai dibuka kembali.

"Itu merupakan kajian awal Kemenko Perekonomian, yang selama ini secara intens melakukan kajian dan kebijakan pemerintah menjelang, selama, dan pasca-pandemi Covid-19," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (7/5/2020).

https://money.kompas.com/read/2020/05/12/184900926/chatib-basri-usulkan-pemerintah-buat-beberapa-skenario-pemulihan-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke