Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

The Fed Bikin Rupiah Tertekan

Mengutip data Bloomberg pukul 09.58 WIB rupiah berada pada level Rp 14.930 per dollar AS atau melemah 0,44 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.866 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, rupiah dirundung sentimen negatif dari pernyataan Gubernur Bank Sentral AS (Feral Reserve) , Jerome Powell yang menyebut perekonomian akan memburuk dan butuh stimulus tambahan.

“Sentimen negatif kelihatannya masih membayangi pergerakan pasar setelah Powell mengungkapkan pandangannya tersebut,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Sementara itu, Powell juga menepis kemungkinan the Fed akan menerapkan suku bunga negatif. Hal ini tentunya mampu mendorong penguatan dollar AS di sesi Asia hari ini, sebagai aset safe haven.

“Rupiah mungkin bisa melemah terhadap dollar AS, namun tekanan terhadap rupiah mungkin tidak besar karena banyak investor masih yakin dengan perekonomian Indonesia terbukti dengan tingginya minat terhadap Surat Utang Negara (SUN),” tambah dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran Rp 14.800 per dollar AS sampai dengan Rp 15.000 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2020/05/14/100943226/the-fed-bikin-rupiah-tertekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke